PlayStation Akan Hadirkan Fitur <i> Variable Refresh Rate</i> di PS5 Beberapa Bulan Mendatang
Variable Refresh Rate (VRR) PS5 (Foto: PlayStation)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Senior, Platform Experience Sony, Hideaki Nishino, mengonfirmasi beberapa fitur baru untuk PlayStation 5 dan PlayStation 4. Fitur ini akan segera diluncurkan perusahaan gim asal Jepang itu dalam beberapa bulan mendatang.

"Pembaruan perangkat lunak sistem PS5 dan PS4 kami berikutnya diluncurkan secara global hari ini. Jadi kami ingin melihat sekilas beberapa fitur baru," kata Nishino dalam blog PlayStation, Rabu, 23 Maret.

Fitur Baru PS4 dan PS5

PlayStation membagikan detail baru tentang Variable Refresh Rate untuk PS5 di TV dan monitor PC yang kompatibel dengan HDMI 2.1 yang rencananya akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Di PS5, PlayStation akan menghadirkan peningkatan UI (user interface) ke Game Base dan kartu Trophy, serta fitur aksesibilitas seperti audio mono untuk headphone.

Pemain PS5 dengan akun yang terdaftar di AS atau Inggris akan dapat menguji drive fitur Perintah Suara atau Pratinjau yang memungkinkan mereka menemukan dan membuka gim, aplikasi, dan pengaturan, serta mengontrol pemutaran media dengan suara mereka hanya dengan pengaturan bahasa Inggris.

Fitur PS5 seperti cara menerapkan preset gim di konsol, menyematkan video dan aplikasi ke layar saat bermain, atau berbagi layar dengan teman, lihat kartu "Tips Pro" baru di Pusat Kontrol.

PlayStation akan secara bertahap meluncurkan kemampuan bagi pengguna Aplikasi PS untuk membuat atau bergabung dengan Pihak Terbuka dan Tertutup melalui aplikasi juga.

Pembaruan UI Game Base Aplikasi PS dimaksudkan untuk mempermudah mengakses fitur Teman, Pesta, dan perpesanan, memberikan pengalaman pemain yang konsisten dengan PS5.

Pengguna aplikasi seluler PS Remote Play dapat menikmati "mode gelap" baru berdasarkan pengaturan ponsel mereka dan memilih dari bahasa Pembaca Layar baru untuk iOS dan Android, seperti Brasil, Portugal, Finlandia, Swedia, Turki, Yunani, Thailand, dan Cina.

Variable Refresh Rate (VRR)

Nishino juga menginformasikan bahwa Variable Refresh Rate (VRR) direncanakan untuk dirilis di PS5 dalam beberapa bulan mendatang.

VRR akan meningkatkan kinerja visual untuk gim di PS5 dengan meminimalkan atau menghilangkan masalah seperti, kecepatan bingkai dan robeknya layar. Gameplay di banyak judul PS5 terasa lebih mulus saat adegan ditampilkan secara instan, grafik terlihat lebih tajam, dan input lag berkurang.

Sebagai opsi tambahan, Anda juga dapat memilih untuk menerapkan VRR ke gim PS5 yang tidak mendukungnya. Fitur ini dapat meningkatkan kualitas video untuk beberapa gim. Jika ini menghasilkan efek visual yang tidak terduga, Anda dapat menonaktifkan opsi ini kapan saja.

"Harap perhatikan bahwa hasil dapat bervariasi tergantung pada TV yang Anda gunakan dan gim yang Anda mainkan. Saat kami semakin dekat dengan rilis fitur, kami akan membagikan lebih banyak detail, termasuk beberapa game yang akan mengaktifkan dukungan VRR melalui patch game," tandasnya.