Jam Pintar Apple Watch Series 6 dan SE
Apple Watch Series 6 (dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Resmi memperkenalkan lini terbaru produk-produknya. Mulai dari Apple Watch Series 6 hingga iPad Air generasi terbaru, semuanya diperkenalkan dalam event daring.

"Apple Watch selalu membantu orang hidup tetap sehat dan aktif, dan tahun ini kami meningkatan kemampuannya ke tahap selanjutnya," tutur CEO Apple, Tim Cook dalam AppleEvent, Rabu, 16 September dini hari tadi.

Apple menghadirkan lini terbaru dari jam tangan pintarnya ada Apple Watch 6 dan Apple Watch 'murah' yang diberi label SE. Apple mengklaim generasi terbaru dari Apple Watch menjadi jam tangan pintar paling canggih saat ini. 

Di mana Apple sudah membekali perangkat jam tangan pintarnya ini dengan sejumlah sensor kesehatan terbaru. Salah satunya kemampuan untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah.

Dengan sensor baru ini, pengguna bisa memantau kadar oksigen melalui fitur Blood Oxygen. Tak hanya dapat digunakan memantau kebugaran dan kesehatan, Apple juga memanfaatkan fitur ini untuk pemantauan seseorang terinfeksi COVID-19 dengan menggandeng sejumlah lembaga kesehatan.

Apple Watch Series 6 (dok. AppleEvent)

Soal spesifikasinya, jam pintar ini ditenagai prosesor S6 yang diadaptasi dari chip A13 Bionic dan memiliki peningkatan 20 persen dari generasi sebelumnya. Panel layarnya diklaim 2,5 kali lebih cerah, sekalipun fitur Always On Display dan altimeter yang selalu aktif.

Seperti pendahulunya, masa pakai baterai 18 jam. Namun Apple Watch 6 dapat fitur fast charging, dari nol hingga penuh hanya 1,5 jam.

Bersama dengan perilisan jam pintar generasi terbaru ini, Apple turut memperkenalkan pembaruan watchOS 7. Apple Watch Series 6 dibanderol dengan harga mulai dari 399 dolar AS atau sekitar Rp5,9 juta.

Jika Apple Watch Series 6 cukup mahal, raksasa Cupertino ini juga merilis varian murah untuk jam pintarnya. Apple Watch SE memiliki spesifikasi yang mirip dengan Apple Watch 5, namun tampilannya menyerupai Apple Watch 6 terbaru. 

Demikian pula sensornya, hanya diberikan GPS, altimeter. detak jantung dan aksesibitas. Harga yang dibanderol juga cukup terjangkau, sekitar 279 dolar AS atau Rp4,1 juta.