Microsoft Segera Luncurkan Taskbar Windows 11 yang Makin Ramah untuk Tablet
Microsoft rancang perubahan agar Windows 11 ramah untuk tablet. (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA – Microsoft segera membuat taskbar Windows 11 baru yang sedikit lebih ramah untuk tablet. Perusahaan raksasa perangkat lunak asal AS ini telah mulai menguji bilah tugas baru yang dirancang untuk penggunaan tablet, dengan status runtuh yang lebih kecil yang hanya menampilkan informasi penting seperti waktu dan tanggal atau jaringan dan status baterai.

Bilah tugas (taskbar) tablet ini terlihat jauh lebih rapi, berkat ikon aplikasi, pencarian, Widget, dan tombol “Start” yang bisa disembunyikan. Pengaturan baru akan secara otomatis menyembunyikan bilah tugas saat Anda menggunakan perangkat sebagai tablet, dan itu akan memberikan lebih banyak ruang layar untuk pengguna tablet Windows 11. Jika Anda menghapus untuk membuka bilah tugas penuh, widget, tombol Mulai, pencarian, dan ikon aplikasi semuanya jauh lebih besar dan lebih mudah untuk disentuh.

Bersamaan dengan perubahan bilah tugas ini, Microsoft juga segera mengubah cara kerja widget di Windows 11. Versi pengujian Dev Channel saat ini juga menyertakan lebih banyak informasi dan konten dinamis dalam widget.

“Ini akan memudahkan Anda untuk menemukan dan terlibat dengan widget dan konten berita baru melalui feed Anda,” ungkap tim Windows Insider, seperti dikutip The Verge. “Rilis ini berfokus pada membuat widget yang dapat ditemukan dari feed dan seiring waktu kami berencana untuk membuat feed lebih personal.”

Microsoft juga menguji 37 emoji baru di Windows 11, termasuk emoji troll, beans, dan melting face yang juga sedang dikembangkan di Android, iOS, dan platform lain dengan Emoji 14.0.

Versi uji Windows 11 terbaru ini juga akan menyertakan peningkatan untuk mempermudah menjepret jendela yang paling relevan di samping satu sama lain, dengan tab Microsoft Edge yang disarankan muncul di bantuan jepret. Anda sekarang akan melihat tiga tab Edge terbaru ketika Anda mencoba untuk mengambil jendela, dan ini dapat dinonaktifkan di bagian pengaturan Windows 11.

Seperti biasa, fitur Windows 11 baru ini akan diuji dan diubah dan mungkin tidak muncul di sistem operasi selama berbulan-bulan. Kepala perangkat dan Windows Microsoft, Panos Panay, baru-baru ini mengungkapkan bahwa perusahaan akan menambahkan lebih banyak fitur ke Windows 11 dalam beberapa bulan mendatang daripada menunggu rilis tahunan yang besar.

“Seiring waktu, Anda akan melihat kami merilis fitur baru ke Windows 11 untuk pengguna akhir lebih sering selain pembaruan tahunan kami,” kata Panay. “Kami akan memanfaatkan berbagai mekanisme pembaruan yang kami miliki, termasuk servis dan pembaruan Microsoft Store. Tujuan kami adalah untuk memberikan inovasi yang berkelanjutan, memberikan Anda pengalaman terbaik sepanjang tahun.”