Mercedes Benz Targetkan Miliki Pabrik Mobil Listrik Setelah 2025
Mercedes Benz tak mau ketinggalan dalam teknologi mobil listrik. (foto: twitter @mercedesamg)

Bagikan:

JAKARTA – Mercedes-Benz berharap segera memiliki pabrik yang memproduksi kendaraan listrik eksklusif (EV) pada paruh kedua dekade ini. Namun selama mereka membangun pabrik EV saja, pembuat mobil asal Jerman ini ingin tetap menjaga jalur produksi yang fleksibel sesuai dengan permintaan pasar.

Produsen mobil Jerman ini memperkirakan beberapa jalur produksinya di dalam pabrik beralih sepenuhnya ke listrik lebih cepat.

"Membangun pabrik kendaraan baterai-listrik baru membutuhkan waktu. Kami telah mengambil pendekatan lain," kata Kepala Produksi Mercedes, Joerg Burzer dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

"Kami pasti akan memiliki beberapa lini yang hanya memproduksi kendaraan listrik dalam beberapa tahun ke depan ... kami juga melihat seluruh pabrik beralih ke listrik - itu adalah topik untuk paruh kedua dekade ini," ucapnya.

Produsen mobil premium ini akan meluncurkan produksi model EQE-nya, yang terungkap September lalu di pameran IAA Mobility, di Bremen akhir tahun ini, diikuti oleh Beijing dan Tuscaloosa.

Mercedes bertaruh pada model, adaptasi listrik dari E-class dengan jangkauan puncak 660 km, untuk meningkatkan penjualan unit EV karena mengalihkan investasi dari kendaraan pembakaran internal dan menuju platform produksi mobil listrik saja.

"Dengan peningkatan EQE di Bremen dan kemudian di Beijing, kami memasuki segmen di mana kami dapat memberikan volume yang jauh lebih tinggi," kata Burzer.

Hanya 2,3% dari penjualan Mobil Mercedes-Benz tahun lalu adalah kendaraan baterai-listrik. Jumlah ini, naik menjadi 11%, termasuk mobil hibrida plug-in, yang memiliki mesin pembakaran internal dan baterai.

Pada tahun 2025, mereka mengharapkan mobil listrik dan hibrida listrik untuk memenuhi 50% dari penjualan, sementara mobil semua-listrik diharapkan mendominasi sebagian besar dari jumlah itu.

Model yang ada semuanya sedang dibangun di pabrik yang juga memproduksi kendaraan mesin pembakaran internal, dengan baterai yang diangkut dengan kereta api dari pabrik utama di Sindelfingen ke pabrik di Jerman dan Hongaria.