Akibat <i>Startup</i> Ini Gulung Tikar, Ponsel BlackBerry 5G Resmi Mati
Blackberry tidak memberikan lisensi untuk OnwardMobility. (foto: David Lindahl / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan teknologi startup OnwardMobility dikabarkan sudah menutup pintu gerbangnya. Itu artinya, sang legenda ponsel BlackBerry 5G juga ikut mati.

Dari informasi yang beredar, perusahaan tidak melanjutkan proyek tersebut setelah lisensinya untuk menggunakan nama BlackBerry dibatalkan.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan bahwa OnwardMobility akan dimatikan, dan kami tidak akan lagi melanjutkan pengembangan smartphone ultra-save dengan keyboard fisik," ungkap OnwardMobility.

"Harap diketahui bahwa ini bukan keputusan yang kami buat dengan enteng atau tergesa-gesa. Kami berbagi kekecewaan Anda dalam berita ini dan meyakinkan Anda bahwa ini bukan hasil yang kami usahakan dan harapkan," imbuhnya.

Beberapa media seperti Android Police dan CrackBerry melaporkan pada awal Februari bahwa produksi ponsel telah dibatalkan.

Startup OnwardMobility yang berbasis di Texas itu, berusaha untuk merevitalisasi merek ikonik BlackBerry melalui perangkat Wi-Fi generasi berikutnya yang berbasis Android.

Namun sayangnya, perusahaan justru kehilangan lisensi dari BlackBerry Ltd. untuk menggunakan nama tersebut. Meski demikian, OnwardMobility tidak menjelaskan mengapa mereka mematikan dan membatalkan produksi ponsel itu.

Tidak ada gambar untuk Blackberry 5G, tetapi laporan menunjukkan bahwa ponsel ini mengambil inspirasi desain dari Priv, ponsel slider berbasis Android yang dirilis pada akhir 2015. Ini adalah satu-satunya perangkat Android yang dirilis oleh Blackberry Ltd, sebelum beralih ke perangkat lunak. perkembangan.

Melansir CNET, Senin, 21 Februari, BlackBerry mengakhiri layanan untuk perangkat lawasnya pada awal Januari, termasuk ponsel lama yang menjalankan OS mereka. Perusahaan yang berbasis di Canada ini adalah pemimpin awal di bidang smartphone, menambahkan keyboard QWERTY fisik ke perangkat seluler dan layanan utama seperti Blackberry Messenger.

Setelah pengumuman itu, OnwardMobility menjanjikan pembaruan tentang ponsel BlackBerry 5G. Sebelum OnwardMobility mengambil lisensi, pabrikan asal China, TCL adalah pembuat ponsel bermerek BlackBerry terbaru.

TCL merilis BlackBerry KeyTwo pada 2018, bersama dengan perangkat lain yang berjalan di Android. Namun, TCL telah pindah untuk merilis ponsel kelas menengahnya sendiri.