Begini Caranya Biar Kuota Internet Tetap Hemat Selama WFH
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kabarnya akan mulai diterapkan kembali pada 14 September mendatang. Tak dipungkiri bahwa pekerja kantoran kembali melakukan Work From Home (WFH) dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19. Tentunya dibutuhkan koneksi internet untuk menunjang aktifitas.

Para pekerja yang melakukan WFH bisa menggunakan internet melalui sambungan ponsel dengan memanfaatkan kuota. Namun, harus ada kiat-kiat cerdas agar tidak boros kuota internet maupun meledaknya tagihan internet ponsel di akhir bulan nanti.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak boros dalam menggunakan kuota internet di rumah.

1. Perketat Konsumsi Data

Tidak sedikit dari pengguna ponsel yang menyadari bahwa beberapa aplikasi dapat menyedot kuota internet. Misalnya, mungkin Anda tidak mengetahui bahwa kadangkala aplikasi Google Photos melakukan sinkronisasi foto secara otomatis, yang akan ditampilkan di latar belakang ponsel Anda.

Demikian juga aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram. Keduanya seringkali membebankan banyak data Internet, apalagi sampai membuka suatu konten atau menonton video dari sana. Untuk itu, Anda bisa membatasi penggunaan media sosial per hari agar menghemat kuota internet.

Untuk melakukan ini caranya buka menu Pengaturan, lalu ke Penggunaan Data, Anda dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data, baik di latar depan atau di latar belakang.

2. Manfaatkan Layanan Wi-Fi

Layanan Wi-Fi memang sering kali menjadi pilihan saat pengguna ponsel ingin menghemat kuota, daripada menggunakan hotspot yang disambungkan ke laptop akan membuat kuota bahkan daya ponsel pun turut terkuras.

Namun, perlu diperhatikan juga kalau menggunakan Wi-Fi, Anda harus memilih paket perbulan tetapi berbasis unlimited yang sudah ditetapkan. Agar tagihan internet diakhir bulan tidak melonjak drastis.

3. Batasi Streaming Video

Bosan dalam bekerja atau memiliki waktu istirahat sering kali membuat kita menghabiskan waktu untuk menonton video di YouTube maupun platform lainnya. Layanan streaming sekarang ini sangat berlimpah, sehingga Anda disuguhi banyak pilihan yang cukup menggiurkan.

Sayangnya dengan menggunakan aplikasi ini kuota internet Anda akan cepat habis. Tipsnya, cobalah download konten favorit Anda menggunakan Wi-Fi dan simpan pada penyimpanan di smartphone terlebih dahulu. Jika memori internal tidak mencukupi, gunakan microSD.

4. Tidak Terlalu Sering Bermain Gim

Bermain gim boleh, namun tetap dalam batas wajar. Selain bisa mengganggu pekerjaan Anda yang belum selesai, gim online juga dapat membuat boros kuota. Untuk itu Anda harus menahan hasrat tersebut. Anda bisa menjadwalkan diri sendiri kapan saatnya bermain gim.

Selain itu, cara paling ampuh lainnya yakni Anda dapat menggunakan gim yang tidak memerlukan akses internet selama permainan.

5. Kompresi data di Chrome

Sebenarnya, hingga saat ini Google Chrome adalah satu peramban yang paling populer. Jika kita jeli, Chrome memiliki fitur bawaan untuk menurunkan atau mengkompres kuota internet secara signifikan.

Ketika kompresi data dihidupkan, pengiriman dan traffic data disalurkan melalui proksi dari Google. Kuota data Anda akan ditekan dan dioptimalisasi sebelum dikirimkan ke gawai maupun laptop. Hasilnya, hal ini akan menghemat kuota dan kecepatan internet semakin kencang.

Caranya, Anda perlu menyetel kompresi data di Chrome dengan masuk ke Setelan di aplikasi Google Chrome, lalu cari Penyimpan Data atau Data Saver, kemudian hidupkan.