Kriptonisasi  Melanda Dunia, Di LinkedIn Pencarian Pekerjaan Terkait Kripto Melonjak 395 Persen
Pencari kerja bidang kripto meningkat tajam di LinkedIn. (foto; dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Pekerjaan atau karir di bidang kripto pada tahun 2021 terus menolak. Menurut LinkedIn, sepanjang tahun lalu bahkan terdapat pencarian pekerjaan terkait kripto yang melonjak 395% di Amerika Serikat saja.

Saat ini industri kripto telah melampaui industri teknologi yang lebih luas, dan mengalami perkembangan luar biasa. Bahkan hampir menggandakan jumlah daftar pekerjaannya. Namun, pada pertumbuhan 98%, industri teknologi menyusut dibandingkan dengan pekerjaan kripto, yang naik sebesar 395%.

Selain itu, tidak ada industri yang aman dari “crypto-ization” pada tahun 2021. Posting LinkedIn News menawarkan wawasan berharga tentang kripto yang mempengaruhi industri lain.

“Sementara sebagian besar lowongan pekerjaan berada di bidang perangkat lunak dan keuangan, industri lain juga melihat peningkatan permintaan untuk bakat kripto. Ini termasuk layanan profesional seperti akuntansi dan konsultasi, serta kepegawaian dan sektor perangkat keras komputer,” tulis LinkedIn, seperti dikutip Cointelegraph.

Untuk tahun 2022, tren pertumbuhan ini tampaknya akan terus berlanjut. Pertukaran terbesar dalam kripto penuh dengan lowongan pekerjaan. Coinbase memiliki lebih dari 250 lowongan, Kraken lebih dari 300, dan bursa paling aktif di dunia, Binance, mencantumkan lebih dari 600 lowongan pekerjaan.

Untuk para maksimalis Bitcoiner dan Bitcoin (BTC), ada sumber daya baru, pekerjaan Bitcoiner. Sebuah layanan yang didedikasikan untuk membantu menghubungkan Bitcoiner dengan perusahaan khusus Bitcoin, sekarang menawarkan hampir 100 karir yang disetujui Satoshi.

Bagi mereka yang tidak dapat beralih pekerjaan menjadi kripto, tren SDM yang lebih luas adalah remunerasi kripto. Walikota New York dan Miami mengumumkan bahwa mereka akan mengambil sebagian dari gaji mereka di BTC pada tahun 2021, sementara tujuh pemain NFL telah memilih kripto daripada gaji tunai hingga saat ini.

Meskipun demikian, sementara peralihan karir kripto tampaknya mendapatkan daya tarik, audiens LinkedIn tidak yakin akan hal itu. Sebagian besar komentar di posting LinkedIn berasal dari penonton yang bingung bertanya-tanya mengapa kripto memiliki nilai, dan satu copywriter yang dirugikan memprotes sifat scammy dari industri ini.

Mengingat bahwa harga Bitcoin belum mengesankan pada awal tahun 2022, industri kripto mungkin harus berjuang untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan sumber daya manusia yang begitu tinggi.

Di pasar yang bearish pada 2018, beberapa perusahaan mata uang kripto memberhentikan staf. Singkatnya, aktivitas BTC perlu meningkat untuk terus mendukung penciptaan lapangan kerja.