Mahkluk Purba Sampai Pesawat Luar Angkasa Bisa Muncul di Google AR
Ilustrasi Google AR (dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Tak hanya bisa memproyeksikan bentuk asli binatang secara virtual. Kini fitur Augmented Reality (AR) Google menambah koleksi gambar atau obyek lain seperti hewan purba hingga modul luar angkasa. 

Pengalaman baru ini memungkinkan, berkat kolaborasi dengan berbagai museum pada layanan Google Arts & Culture. Mengutip Slashgear, Selasa 25 Agustus, platform online Google Arts ini disediakan agar pengguna bisa melihat gambar, lukisan, video resolusi tinggi karya seni dan artefak budaya dari organisasi mitra di seluruh dunia.

Agar terlihat lebih nyata, Google menghadirkan kerangka realitas hewan purba berbentuk 3D dengan teknologi ARCore. Misalnya saja hewan Cambropachycope yang berbentuk seperti semut dengam memiliki kepala yang begitu unik. Adapula, makhluk yang berbentuk seperti udang yang disebut Crustacean dan memiliki panjang 1,5mm saja.

Mahluk purba yang sudah punah (dok. Google)

Tidak hanya itu, raksasa teknologi tersebut juga bermitra dengan Museum Negara Darwin di Moskow dan Museum Sejarah Alam di London.

Berkat teknologi AR, pengguna dapat memposisikan dan mengubah ukuran objek tanpa khawatir akan menabrak peralatan atau menakuti hewan peliharaan, jika pengguna mengoperasikan Google Arts & Culture di rumah.

Aplikasi tersebut bukan hanya tentang makhluk eksotis dari ribuan tahun yang lalu. Terdapat pula karya seni dan artefak melalui cerita yang dikurasi, termasuk Modul Komando Apollo 11 dan berbagai potret diri Frida Kahlo. Semua ini dapat diakses secara gratis dari ponsel Android dan iOS.

Tampilan Google AR (dok. Google)

Dengan Google Arts & Culture, pengguna dapat mempelajari apa saja makhluk purba yang terdapat di Bumi ini. Selain mengedukasi, Google juga memiliki tujuan menghadirkan pengalaman yang lebih baik untuk pengguna dengan teknologi AR.

Sebagai informasi, Google Arts & Culture juga dapat membuat pengguna mengikuti tur 360 di sebuah museum yang bermitra dengan Google. Pengguna akan melihat seniman lokal, berkeliling kota dan tempat-tempat lokal, menonton pertunjukan, serta mengunjungi beberapa galeri seni serta restoran terpopuler dari rumah mereka.