Bagikan:

YOGYAKARTA- Kultur media sosial Twitter yang menawarkan update informasi secara cepat tak selalu bikin semua orang nyaman. Beberapa pengguna bisa jadi terganggu dengan kicauan-kicauan yang tak pantas.

Selain itu, ada pula pengguna Twitter yang risih dengan tindakan orang tak dikenal yang justru kerap jadi modus kejahatan di media sosial, tak terkecuali di platform dengan simbol burung tersebut.

Untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul, Twitter melakukan inovasi dengan menyediakan fitur privasi akun. Pengguna dapat menagatur akun Twitter dari status publik menjadi akun privat sebagai salah satu pilihan yang dapat dilakukan.

Berbeda dengan media sosial lainnya cara membuat akun Twitter Anda menjadi privat harus dilakukan melalui sejumlah tindakan. Pengguna akan diberi sejumlah opsi yang dapat dipilih untuk membuat akun sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, pengguna dapat mengatur siapa saja yang dapat mengikuti akunnya. Kemudian, penguna juga bisa menentukan apakah akunnya friendly untuk di-mention, retweet dan quote tweet, serta menerima reply oleh akun orang lain.

Pengguna pun dapat mengatur siapa saja yang dapat mengirim pesan direct messages (DM) ke akun Twitter Anda. Untuk mempermudah pengguna melakukan pengaturan privasi di Twitter, di bawah ini tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

Cara Setting Privasi di Twitter

Untuk memproteksi akun pengguna dengan melakukan pengaturan privasi, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah buka aplikasi Twitter, di perangkat Anda atau buka melalui mesin peramban.

Setelah itu, masuk ke dalam akun pengguna, sehingga Anda akan masuk halaman beranda Twitter. Klik ikon foto profil yang terletak di bagian pojok kiri atas.

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu 'Pengaturan dan Privasi' dan pengguna dapat memilih menu 'privasi dan keamanan'. Pengguna akan mendapat sejumlah pilihan menu, antara lain audiens dan penandaan, Tweet Anda, konten yang Anda lihat, bisukan dan blokir, Direct Messages, dan Spaces.

Ada juga menu ketertemuan dan kontak, preverensi iklan, aktivitas di luar Twitter, berbagi data dengan mitra bisnis, dan informasi lokasi.

Pengguna dapat membuka setiap menu tersebut, dan atur sesuai dengan kebutuhan Anda. Banyaknya pilihan settingan privasi di Twitter memberi keluwesan dan kejelasan pada setiap orang dalam mengakses akun Anda.

Dengan demikian, privasi yang ingin Anda dibatasi dapat ditentukan sesuai target dan tidak hanya sekadar mengunci akun secara keseluruhan alias lebih lentur.

Apabila pengguna berubah pikiran dan ingin mengembalikan pengaturan akun Twitter dari privat menjadi publik, pengguna dapat melakukan cara di atas dan mengatur privasi sesuai dengan keinginan.

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengubah akun Twitter Anda dari publik ke privat. Hal tersebut dapat memproteksi akun pengguna dari cuitan-cuitan yang tidak diinginkan.