Bagikan:

JAKARTA - Sebagian uang dari dompet Chivo yang dikeluarkan negara bagian El Salvador dilaporkan hilang. Hal ini diketahui dari tweet beberapa orang Salvador yang memposting di media sosial mereka.

Dalam utas Twitter 16 Desember yang dimulai oleh pengguna “komisaris”, setidaknya 50 orang Salvador telah melaporkan kerugian pada bulan Desember dengan total lebih dari 96.000 dolar AS, setelah menggunakan dompet Bitcoin (BTC) dari pemerintah. Beberapa dari transaksi ini hanya seharga 61 dolar AS, tetapi yang lain mengatakan mereka kehilangan ribuan atau bahkan lebih.

“Ada aliran keamanan di dompet di mana uang dan transaksi menghilang,” kata Luis Guardado dalam seruan langsung kepada Presiden El Savador, Nayib Bukele, seperti dikutip Cointelegraph. “Tidak ada dukungan teknis dan hanya panggilan yang tidak berguna, di mana uang saya.”

Bukele mengatakan pada bulan Oktober bahwa 3 juta orang El Salvador menggunakan dompet Chivo mereka, kira-kira setengah dari 6,5 juta orang di negara itu.

Sejak UU Bitcoin El Salvador pertama kali diusulkan pada bulan Juni, banyak orang di negara itu yang menentang tindakan tersebut karena berbagai alasan. Termasuk alasan volatilitas cryptocurrency yang tinggi dan klaim bahwa mereka adalah investasi yang tidak dapat diandalkan untuk dana pensiun.

Para pengunjuk rasa berbaris melalui ibu kota San Salvador sebelum undang-undang itu berlaku pada 7 September, dengan protes berikutnya melihat beberapa orang berhasil merampok dan membakar kios Chivo.

Presiden El Salvador telah sering menggunakan media sosial untuk mempromosikan adopsi BTC serta proyek terkait, termasuk menggunakan energi panas bumi dari gunung berapi negara itu untuk menambang crypto dan membangun Kota Bitcoin yang awalnya didanai oleh 1 miliar dolar AS dalam bentuk obligasi BTC.

Dia juga menggunakan platform tersebut untuk mengumumkan pembelian Bitcoinnya kepada dunia. Pada saat publikasi, perbendaharaan negara memegang 1.391 BTC – kira-kira 71 juta dolar AS dengan harga aset crypto mendekati 50.000 dolar AS untuk masa liburan akhir tahun ini.