Bagikan:

JAKARTA - Pada Selasa, 21 Desember, proyek token nonfungible (NFT) Solana Monkey Kingdom, yang telah menerima dukungan penting dari DJ Amerika, Steve Aoki, mengumumkan melalui Twitter bahwa peretas telah mengambil 1,3 juta dolar AS dari dana crypto komunitas melalui pelanggaran keamanan di Discord.

Menurut pengembangnya, peretasan pertama kali terjadi dengan pelanggaran Grape, solusi populer untuk memverifikasi pengguna di Solana.

Peretas kemudian menggunakan exploit untuk mengambil alih akun administratif, yang memposting tautan phishing di saluran pengumuman Monkey Kingdom Discord.

Pengguna yang mengikuti tautan menghubungkan dompet mereka dengan harapan mereka akan menerima NFT tetapi token SOL mereka dikuras oleh scammer.

Tragisnya, peretasan terjadi saat pengguna mengantre untuk peluncuran kedua proyek tersebut. Monyet Kingdom terdiri dari 2.222 NFT yang dihasilkan secara algoritme yang berpusat di sekitar Sun Wukong, atau dikenal sebagai "Raja Monyet" dalam cerita rakyat Tiongkok.

Semua hasil dari penjualan awal NFT akan disumbangkan ke badan amal pilihan, dengan tujuan mendukung komunitas Asia di seluruh dunia. Itu adalah salah satu proyek NFT paling sukses yang berasal dari Asia.

Seorang pengguna Twitter, yang menggunakan nama "commenstar," mengklaim telah kehilangan 650 SOL, senilai sekitar 120.400 dolar AS, karena penipuan.

Akan tetapi tidak semuanya hilang. Staf di Monyet Kingdom telah menyisihkan dana kompensasi untuk para korban dan berada di jalur yang tepat untuk mengganti sepenuhnya mereka yang terkena dampak.  Batas waktu dan proses pendistribusian dana tersebut belum diungkapkan.