Rihanna, Migos dan Artis Universal Music Lainnya Segera Masuki Dunia Metaverse
Rihanna, Migos dkk yang lebih dahulu mendapatkan avatar, bisa membawanya ke berbagai metaverse. (foto: Dok. UMG & Genies)

Bagikan:

JAKARTA - Universal Music Group (UMG) baru saja terjun ke dunia metaverse. Bermitra dengan perusahaan teknologi avatar terkemuka, Genies jelas dalam hal ini UMG bakal mengembangkan avatar untuk para artisnya.

Selain itu, Genies juga akan membawa perangkat digital yang dapat digunakan artis UMG untuk membawa mereka rekaman ke metaverse. Keduanya akan membekali artis dengan identitas virtual resmi untuk digunakan di Web 3.0 dan era perubahan Internet, memberikan mereka kesempatan untuk terlibat dengan penggemar dalam metaverse.

Tak hanya aktivasi virtual, artis UMG akan memiliki kemampuan merilis avatar eksklusif yang dapat dipakai untuk dikumpulkan dan digunakan oleh penggemar mereka.

Dihimpun dari Engadget, Selasa, 14 Desember, perjanjian tersebut dibangun di atas kolaborasi sebelumnya untuk menciptakan identitas virtual bagi beberapa artis rekaman paling berpengaruh dan sukses di dunia, termasuk Justin Bieber, J Balvin dan Shawn Mendes yang mana avatar mereka masih diproses.

Sedangkan artis lainnya seperti Rihanna, Migos dkk yang lebih dahulu mendapatkan avatar, bisa membawanya ke berbagai metaverse, atau menggunakan avatar di berbagai platform sosial.

Dalam beberapa bulan mendatang, melalui pasar NFT yang dijalankan oleh Genies, penggemar akan dapat membeli dan menjual merchandise virtual untuk avatar.

“UMG terus memimpin dan membuka apa yang mungkin dengan Web 3.0 dan ekonomi virtual. Dengan kemitraan Genies kami, kami menciptakan kerangka kerja dan perangkat yang ideal untuk memberdayakan seniman kami di dunia digital yang berkembang," ungkap Wakil Presiden Eksekutif UMG, Inovasi Komersial & Strategi Artis, Celine Joshua.

Sementara itu, CEO Genies, Akash Nigam menyatakan bahwa perusahaan tidak akan membawa budaya ke NFT dan kripto. Justru Genies dan UMG bersama-sama membawa kekuatan NFT dan crypto ke budaya.

“Era internet berikutnya adalah tentang memberdayakan orang-orang dengan lebih banyak kepemilikan dan kemampuan. Daftar bakat UMG mewakili beberapa pionir paling wirausaha di dunia, dan dengan melengkapi seniman ikonik ini dengan avatar Genie mereka sendiri, kami senang membantu mereka mewujudkan potensi yang lebih besar di Web 3.0," tutur Nigam.