Pengembang Bitcoin Core, Samuel Dobson, Mengundurkan Diri karena Ingin Fokus Raih Gelar Ph.D
Sebagai pengelola dompet Bitcoin Core, Sameul Dobson memiliki akses langsung ke kode cryptocurrency di GitHub.(foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA – Pengembang Samuel Dobson mengumumkan melalui serangkaian tweet pada Kamis, 9 Desember malam bahwa ia mengundurkan diri sebagai pengelola Bitcoin Core setelah tiga tahun.

“Saya tidak dapat lagi mendedikasikan waktu yang dibutuhkan, karena saya mendekati akhir Ph.D saya,” kata Dobson, seperti dikutip Cointelegraph.

Sebagai pengelola dompet Bitcoin Core, Dobson memiliki akses langsung ke kode cryptocurrency di GitHub, dengan izin untuk menyetujui perubahan dan melakukan peningkatan pada perangkat lunak Bitcoin. Dia juga bertanggung jawab untuk memastikan keamanan protokol.

Ketika ditanya apakah ada kemungkinan dia akan kembali ke pengembangan BTC Core suatu hari nanti, Dobson menjawab Cointelegraph bahwa gelar Ph.D. adalah fokus utamanya saat ini. Meskipun dia belum memutuskan apa yang akan dia lakukan setelah lulus, dia tidak tertarik dengan pengembangan cryptocurrency lainnya.

Dobson menyatakan bahwa dia sangat berterima kasih atas dukungan dari “sponsor yang sangat murah hati” John Pfeffer, yang tanpanya dia tidak akan dapat memprioritaskan pekerjaan paruh waktu di Bitcoin.

Dia mengimbau komunitas Twitter untuk mempertimbangkan secara finansial mendukung pengembang karena sifat proyek sumber terbuka. Dia juga mengatakan kepada Cointelegraph:

“Pengembangan Bitcoin Core jelas telah berkembang pesat sejak konsepsinya kembali dengan Satoshi. Sebagai proyek sumber terbuka, proyek ini akan selalu berada dalam posisi yang menarik dan lebih sulit dari segi pendanaan, tetapi hal-hal seperti Brink, Chaincode, Spiral, dan sponsor pengembang langsung melalui GitHub telah banyak membantu.”

Bitcoin telah kehilangan dua pengelolanya sejak Oktober. Dengan kepergian Dobson, jumlah pengembang dengan akses langsung ke kode Bitcoin telah turun menjadi lima, menurut daftar yang diperbarui di Forum Bitcoin.