Bagikan:

JAKARTA – Pada Rabu, 8 Desember, Banque de France (BdF), BIS Innovation Hub (BISIH) dan Swiss National Bank (SNB) mengumumkan keberhasilan uji coba mata uang digital bank sentral grosir (wCBDC), berjudul Project Jura.

Seperti dilaporkan oleh Cointelegraph, Proyek ini bertujuan untuk menyelidiki penyelesaian lintas batas dengan euro dan franc Swiss wCBDC. Proyek tersebut juga diluncurkan pada platform teknologi buku besar terdistribusi pihak ketiga.

Teknologi eksperimental yang dieksplorasi dalam Project Jura terdiri dari jaringan node komputer (Corda) peer-to-peer yang terdesentralisasi untuk memvalidasi transaksi sekaligus memastikan bahwa semua aturan hukum, peraturan, dan bisnis dari negara yang mengatur terpenuhi.

Kemudian, ada tokenisasi mata uang fiat yang disebutkan di atas dan Kertas Komersial Eropa yang Dapat Dinegosiasikan, instrumen utang jangka pendek (satu tahun atau kurang) dalam mata uang euro. Terakhir, Project Jura melihat jaringan infrastruktur yang memungkinkan penyelesaian transaksi bruto secara real-time, digitalisasi obligasi, dan pencatatan aset digital.

Meskipun uji coba berhasil, itu tidak menjamin dikeluarkannya wCBDC oleh otoritas Swiss, Prancis, atau Uni Eropa. Laporan tersebut menyimpulkan bahwa "wCBDC dapat dimasukkan ke dalam pengaturan penyelesaian baru yang dapat mengubah struktur dan fungsi pasar modal, pasar uang, dan pasar valuta asing," dengan mengatakan bahwa:

"Memperluas penggunaan uang bank sentral melalui akses yang lebih luas atau peningkatan penyelesaian lintas batas dapat mengkatalisasi perubahan ini, seperti halnya integrasi mata uang yang lebih dalam dengan aset dan sekuritas digital lainnya."