Cuaca Buruk Tunda Penerbangan Blue Origin ke-19, Mundur Hingga Sabtu, 11 Desember
Para astronot yang akan meluncur bersama Blue Origin. (foto: twittr)

Bagikan:

JAKARTA – Pesawat Blue Origin milik Jeff Bezos dijadwalkan untuk meluncurkan penerbangan wisata luar angkasa ketiganya pada Kamis, 9 Desember. Akan tetapi perkiraan angin telah mendorong misi tersebut mundur hingga Sabtu, 11 Desember.

Pengangkatan dari Situs Peluncuran Satu sekarang ditargetkan pada pukul 09:45 ET dari Situs Peluncuran Satu di kota Van Horn, Texas Barat.

Penerbangan ini akan mencakup enam penumpang, termasuk pembawa acara Good Morning America Michael Strahan dan Laura Shepard Churchley - putri tertua Alan Shepard, yang merupakan orang Amerika pertama yang terbang ke luar angkasa.

Empat lainnya, yang telah membayar mahal untuk pengalaman itu, termasuk eksekutif dan dermawan industri luar angkasa Dylan Taylor, investor Evan Dick, pendiri Bess Ventures Lane Bess dan Cameron Bess, yang akan menjadi duo orangtua-anak pertama yang terbang di luar angkasa.

Pengumuman Rabu juga menyatakan bahwa tim telah menyelesaikan Tinjauan Kesiapan Penerbangan dan kendaraan telah memenuhi semua persyaratan misi untuk diluncurkan.

“Astronot akan menyelesaikan pelatihan hari ini dan cuaca tetap menjadi satu-satunya faktor gerbang untuk peluncuran,” sebut Blue Origin dalam sebuah posting blog seperti dikutip Dailymail.co.uk.

Senin adalah hari pertama pelatihan tim di lokasi West Texas di mana mereka mengenakan setelan penerbangan biru yang pas, mempelajari tugas kursi mereka dan mengikatnya saat berada di dalam kapsul untuk pertama kalinya.

Kevin Sproge, Crewmember 7 Blue Origin yang bertanggung jawab atas pelatihan, mengatakan kepada para astronot, seperti juga dikutip Good Morning America: 'Saat Anda berjalan ke palka, langsung ke kiri Anda adalah kursi nomor satu, dan kursi itu berputar searah jarum jam ke kursi enam.

“Pertama kali mereka pergi ke kapsul untuk pelatihan mereka, label nama dan tempelan mereka akan ada di kursi mereka dan di sanalah mereka akan melihat di mana mereka akan duduk,” kata Sproge.

Pada Selasa, hari kedua pelatihan, para kru melakukan run-through peluncuran, termasuk mereka memanjat menara setinggi 80 kaki dengan tujuh tangga ke kapsul.

"Semakin dekat kita semakin banyak hal yang kita lakukan di menara peluncuran dan berjalan melintasi jembatan, membunyikan bel - semakin Anda tahu ini adalah kenyataan," kata Strahan kepada GMA.

Setiap penumpang juga diperbolehkan membawa hingga tiga pon barang ke luar angkasa, yang ada di dalam tas di dalam kapsul.

Misi hari Sabtu nanti menandai penerbangan ke-19 New Shepard dan pertama kalinya roket itu akan membawa enam orang di dalam kapsul Blue Origin ke luar angkasa. Sementara misi sebelumnya hanya memasukkan empat orang.