Bagikan:

JAKARTA - Xiaomi memperkenalkan sebuah televisi pintar terbaru mereka, yakni Mi TV LUX OLED Transparent Edition. Sesuai namanya, smartTV ini memiliki bentang layar yang transparan atau tembus pandang. 

Melansir The Verge, kehadiran Mi TV LUX OLED Transparent Edition ini sebagai bagian dari perayaan 10 tahun perusahaan Xiaomi berdiri. SmartTV ini bisa dilego dengan harga 7.000 dolar AS atau sekitar Rp104 juta. 

Dengan uang sebanyak itu, konsumen akan mendapatkan spesifikasi TV layar tembus pandang berukuran 55 inci dengan ketebalan hanya 5,7 mm. Panel layar ini punya contrast rasio 150.000:1 dengan warna 10-bit, dan cakupan 93 persen dari DCI-P3.

Mi TV LUX OLED Transparent Edition (dok. Xiaomi)

Panel ini juga memiliki refresh rate hingga 120Hz dan juga menawarkan interpolasi gerakan MEMC 120Hz. Xiaomi juga mengklaim smartTV ini memiliki response time pada pixel yang tinggi yaitu mencapai 1ms.

Dapur pacu Mi TV LUX OLED Transparent Edition ini menggunakan chiset MediaTek 9650 yang didukung lebih dari 20 algoritma pengoptimalan, seperti AI Master Smart Engine. Modul smartTV ini tersimpan pada bagian bawah, yang hanya bisa diletakan dengan dudukan dan tidak dapat dipasang di dinding menggunakan braket. 

SmartTV ini sudah berjalan dengan sistem operasi Android dengan antar muka MIUI. Televisi ini juga mengadopsi sistem audio dari Dolby Atmos untuk menghadirkan suara yang lebih elegan dan megah. 

Sejatinya ini bukan perangkat baru yang dihadirkan oleh Xiaomi. Layar transparant sebelumnya banyak digunakan sebagai Digital Signage di pertokoan dan bukan sebagai produk komersial rumahan. 

Tahun lalu, LG juga telah memamerkan produk serupa dengan menggunakan panel transparan. Namun untuk tahun ini, Xiaomi mengadopsi teknologi panel layar transparan untuk produk smartTV.