Supaya Lebih Aman, Kunci Akun Instagram Anda Menggunakan Cara Ini
Supaya Lebih Aman, Kunci Akun Instagram Anda Menggunakan Cara Ini (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan saat ini. Dalam aplikasi yang dikembangkan oleh Meta tersebut, pengguna dapat membagikan aktivitas sehari-hari berupa foto maupun video dengan disertai caption keterangan.

Oleh karenanya, ada banyak hal pribadi yang diunggah oleh pengguna ke akun Instagram mereka. Kendati begitu, tidak semua pengguna Instagram menginginkan konten yang mereka unggah ditonton oleh sembarang orang, tetapi hanya untuk orang-orang yang benar-benar dia kenal.

Pengguna pun dapat mengunci akun Instagram, atau membuat akun menjadi privat sehingga orang-orang yang sudah mendapat izin dari Anda yang bisa mengakses konten yang Anda unggah.

Cara tersebut dapat mencegah penyalahgunaan akun oleh orang yang tidak bertanggungjawab, atau jika ada orang yang menggunakan foto Anda untuk membuat fake account.

Untuk mengunci akun Instagram pun sangat mudah, jika pengguna masih belum bisa melakukannya, maka dapat mengkikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI dalam artikel di bawah ini.

Cara Membuat Mode Privat di Akun Instagram

Untuk mengaktifkan mode privat akun, pengguna dapat mengupdate aplikasi Instagram ke versi terbaru menggunakan Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan tampilan terbaru.

Selanjutnya, buka aplikasi Instagram Anda dan login menggunakan akun Instagram yang Anda miliki, kemudian pilih halaman profil yang ada di pojok kanan bawah.

Setelah itu, masuk ke menu "Pengaturan" atau "Setting". Untuk membuat akun Anda menjadi privat, pengguna dapat memilih menu "privasi", kemudian klik "privasi akun".

Pada opsi "akun privat" pengguna dapat mengggeser ikon toggle yang berada di samping kanan menu tersebut hingga berubah menjadi warna biru, kemudian Anda dapat memilih tombol "ubah ke privat".

Dengan demikian akun Instagram Anda akan berubah menjadi akun privat. Oleh karenanya, hanya orang-orang yang Anda izinkan yang bisa melihat foto atau video yang Anda unggah.

Penggunaan mode privat akun Instagram pun dapat membuat privasi Anda lebih terjaga karena tidak semua orang bisa melihat setiap unggahan yang Anda buat di Instagram.

Selain itu, mengunci Instagram juga dapat mengurangi spam di Instagram Anda, baik berupa unggahan di beranda dan menu eksplorer, maupun kolom komentar.

Oleh karena itu, pengguna dapat mengaktifkan mode privat di akun Instagram dengan mengikuti langkah-langkah di atas supaya pengguna lebih aman dan nyaman saat menggunakan Instagram.