Bagikan:

YOGYAKARTA - WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Pasalnya, WhatsApp memiliki fitur yang lebih mudah digunakan dibanding aplikasi pesan instan lainnya.

Kendati begitu, aplikasi yang dikembangkan oleh Meta (sebelumnya bernama Facebook), memiliki sejumlah masalah yang kerap muncul di dalam aplikasi, salah satunya adalah kontak yang tiba-tiba menghilang.

Hal itu pun membuat pengguna WhatsApp bingung dan kesulitan saat ingin menghubungi kontak tertentu yang sebelumnya sudah disimpan di WhatspApp pengguna.

Kontak yang tiba-tiba menghilang di WhatsApp Anda biasanya terjadi saat pengguna memindahkan akun ke ponsel baru, atau saat me-restart aplikasi WhatpsApp.

Hal tersebut biasanya terjadi karena data di WhatsApp Anda tidak dicadangkan secara rutin. Oleh karenanya, saat akun dipindahkan atau aplikasi direstart karena pembaruan atau hal lain, sejumlah data seperti kontak dan chat tiba-tiba menghilang dari akun Anda.

Namun, penngguna tidak perlu khawatir karena masalah tersebut bisa diatasi dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Bersihkan Cache untuk Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan kontak di WhatsApp Anda yang menghilang adalah dengan membersihkan cache. Pasalnya, cache yang ada di ponsel pengguna dapat membuat kontak Anda tidak terbaca di aplikasi.

Untuk membersihkan cache, pengguna dapat membuka menu Setting di ponsel Anda dan pilih menu Pengaturan Application.

Setelah itu, gulir ke bawah dan cari aplikasi WhatsApp di dalam menu tersebut. Klik ikon WhatsApp dan pilih opsi Apps Info.

Pengguna akan diberi sejumlah pilihan pada menu di layar smartphone. Selanjutnya, pilih menu Force Stop untuk melanjutkan proses penghapusan cache.

Pada bagian selanjutnya, Anda dapat memilih menu Clear Cache, untuk menghapus cache di dalam aplikasi WhatsApp Anda supaya tidak mengganggu kinerja aplikasi.

Setelah melakukan langkah di atas, pengguna dapat me-restart ponsel Anda dan cek kembali aplikasi WhatsApp Anda, apakah kontak yang sebelumnya hilang sudah kembali.

Jika langkah tersebut tidak berhasil, pengguna dapat menyinkronkan akun WhatsApp Anda dengan akun Gmail yang digunakan untuk mencadangkan data WhatsApp di Google Drive.

Namun, pengguna dapat menyinkronkan data di WhatsApp berdasarkan terakhir kali Anda mencadangkan data WhatsApp Anda di Google Drive. Oleh karenanya, Anda harus mencadangkan WhatsApp Anda secara rutin.

Itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang menghilang dari akun WhatsApp Anda secara tiba-tiba.