Buat Data Penting di Ponsel Anda Lebih Aman Menggunakan Cara Ini
Buat Data Penting di Smartphone Anda Lebih Aman Menggunakan Cara Ini (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi Anda yang terbiasa menyimpan data penting di ponsel, sebaiknya meningkatkan keamanan file Anda supaya tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengamankan file di perangkat Android adalah menggunakan fitur folder aman yang dimiliki oleh Google Files.

Sejak diluncurkan pada 2017, aplikasi pengelola file milik Google tersebut sudah melakukan banyak pembaruan keamanan sehingga membuat file yang disimpan di perangkat Anda tidak mudah diakses oleh orang lain.

Salah satu fitur Google Files yang dapat digunakan untuk mengamankan files di perangkat Anda adalah folder aman. Dengan fitur tersebut setiap orang yang menggunakan atau meminjam ponsel Anda tidak dapat mengakses folder tersebut.

Oleh karena itu, pengguna dapat menyimpan berbagai macam file penting di folder tersebut supaya privasi Anda lebih terjaga.

Dikutip tim VOI dari The Next Web, berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan aplikasi Google Files dan mengaktifkan fitur folder aman.

Cara Menggunakan Folder Aman di Google Files

Untuk menggunakan folder aman di Google Files, langkah pertama yang dapat dilakukan oleh pengguna adalah membuka aplikasi Google Files di smartphone Android Anda.

Jika aplikasi tersebut tidak terpasang pada pengaturan default di ponsel Anda, maka pengguna dapat mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store.

Setelah itu, buka aplikasi Google Files, dan pilih menu Folder Aman. Bagi pengguna yang pertama kali menggunakan aplikasi tersebut, maka Anda dapat mengatur pin atau kata sandi yang Anda gunakan untuk membuka Google Files.

Selanjutnya, pengguna dapat memilih berbagai file dari folder yang ada dan ketuk menu tiga titik yang ada di sudut kanan atas. Kemudian, pilih opsi "Pindahkan ke folder Aman".

Dengan demikian file-file yang sudah Anda pindahkan ke folder aman di aplikasi Google Files hanya bisa diakses menggunakan kata sandi atau password yang sudah Anda buat.

Oleh karena itu, file-file tersebut akan aman dan tidak bisa diakses oleh orang lain. Dengan demikian privasi Anda akan lebih terjaga dan file-file penting yang Anda miliki tetap aman meski disimpan di smartphone.

Itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan folder aman di aplikasi Google Files yang dapat Anda coba. Pengguna pun mengamankan sejumlah file di perangkat smartphone tanpa bisa diakses oleh orang lain.

Terkait