<i>Hacker</i> Paling Dicari FBI  Hidup Damai di Barnaul, Tinggal di Rumah Mewah dan BMW di Garasi
Peretas yang paling dicari FBI ternyata hidup damai di Barnaul, Rusia. (foto: picabay)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu orang paling dicari FBI yang terkait dengan geng ransomware REvil hidup bebas di kota Siberia tanpa tanda-tanda pihak berwenang Rusia berusaha atau bertindak untuk menahannya.

DailyMail.com melacak tersangka super-hacker Yevgeniy Polyanin (28), ke sebuah rumah mewah seharga  380.000 dolar AS (Rp48,4 miliar) di Barnaul, di mana dia terlihat mengendarai Toyota Land Cruiser 200 seharga  74.000 dolar AS (Rp1 miliar). Ia ternyata merasa tidak tersentuh.

Istrinya Sofia (28), secara terbuka menjalankan bisnis pembuatan kue di media sosial kelas atas - termasuk kue mangkuk pesta ayam yang dihiasi dengan alat kelamin pria. Padahal  dia dituduh oleh otoritas AS memeras jutaan dolar dari bisnis Amerika.

Pasangan ini menikmati gaya hidup mewah, dengan naik helikopter ke Pegunungan Altai yang indah di dekatnya. Mobil kedua di garasi tersangka penjahat dunia maya adalah BMW, senilai hingga 108.000 dolar AS (Rp1,5 miliar)

Polyanin bulan ini juga dituduh oleh FBI 'terlibat dalam serangan ransomware dan aktivitas pencucian uang.'

Dia diduga berafiliasi dengan geng REvil/Sodinokibi dan FBI mengklaim telah menyita darinya 6,1 juta dolar AS (Rp87,4 miliar) dana haram, sementara terdapat hadiah hingga 5 juta dolar AS (Rp71 miliar) ditawarkan oleh FBI untuk informasi yang bisa mengarah pada penangkapannya.

Dia juga dipandang sebagai 'kasus uji' utama dari permintaan Presiden AS, Joe Biden, agar Presiden Rusia, Vladimir Putin, bekerja sama dengannya dalam menindak tersangka penjahat dunia maya itu.

Namun tampaknya ada sedikit prospek untuk hal ini karena kerabat dan tetangga Polyanin menekankan bahwa mereka tidak memiliki kontak atas tuduhan FBI dari layanan kontra-intelijen FSB Rusia atau polisi.

Rusia telah dituduh oleh pihak Barat telah menutup mata terhadap peretas yang menargetkan AS dan Eropa dari wilayahnya. DailyMail.com juga telah menghubungi FBI untuk menentukan apa yang akan terjadi pada tersangka sekarang setelah dia ditemukan.

Polyanin dan istrinya sendiri telah menghabiskan beberapa hari terakhir untuk menghindari wartawan dan memotong panggilan telepon saat tinggal di rumahnya yang terjaga keamanannya, yakni di kompleks perumahan 'elit' Nevsky, di wilayah pegunungan Altai Rusia, di mana tirai rumahnya hampir tertutup secara permanen.

Dia menjelaskan bahwa dia tidak ingin berbicara sambil secara pribadi meyakinkan ibu yang merupakan seorang pensiunan bernama Svetlana Polyanina (58), yang tinggal di kota yang sama, bahwa tuduhan FBI itu 'palsu.'

Dia awalnya sangat khawatir atas klaim AS, katanya, dan mengatakan kepada seorang reporter bahwa dia tidak dapat menemukan putranya setelah tuduhan mega-hacking pertama kali muncul.

“Saya sangat khawatir, tidakkah Anda khawatir?” kata sang Ibu. "Aku tidak akan memberitahumu apa pun tentang pekerjaannya."

Dia menambahkan: “Saya telah minum pil sejak ini keluar .... Saya sudah kehilangan empat kilogram dalam tiga hari."

Sementara menyangkal dia adalah seorang programmer, dia mengaku menyinggung beberapa liputan tuduhan FBI di media Rusia: “Saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak. apa yang mereka katakan di surat kabar.” Tambah sang Ibu dikutip oleh Dailymail.com

Polyanna mengatakan dia tidak dapat menemukan putranya, seraya menambahkan: 'Mungkin dia bersama polisi sekarang. Mulailah dengan Putin, semuanya akan segera menjadi jelas.”

Tetapi ketika sang anak akhirnya menghubunginya enam hari setelah tuduhan itu muncul, ibunya berkata: “Tolong jangan ganggu kami. Kami semua baik-baik saja. Dia menghubungi, semuanya baik-baik saja. Itu semua palsu. Dia sedang berlibur.”

Meskipun rumah barunya yang mewah, bernilai sekitar  380.000 dolar AS, Polyanin tetap terdaftar secara resmi di flat era Sovietnya yang suram di sebuah blok yang awalnya dibangun untuk karyawan Kementerian Dalam Negeri, seperti polisi, di Barnaul.

Selain iPhone 8 miliknya, ibunya tidak menunjukkan tanda-tanda kekayaan lain.

Kakak Polyanin, Anna (35) saat  dihubungi oleh tetangga yang khawatir setelah muncul tuduhan FBI, menjawab bahwa keluarga itu tidak memiliki kontak dengan otoritas atau media Rusia. Dia menolak untuk bertemu dengan seorang reporter untuk membahas tuduhan terhadap adik laki-lakinya.

Sementara Polyanin menolak banyak kesempatan untuk menanggapi klaim FBI tersebut, seorang tetangga setengah baya mengatakan penduduk setempat akrab dengan klaim FBI itu, dan merasa tidak terganggu oleh mereka.

Ditanya apakah dia tahu tentang tuduhan AS terhadap Polyanin, dia berkata: 'Ya, ya, ya, saya mendengarnya.' Saat ditanya apakah dia telah membaca cerita bahwa tetangga sebelahnya dicari oleh pihak berwenang AS, dia berkata: 'Ya.' Namun mereka juga tidak terkejut atas tuduhan itu: 'Tidaaaak....'

Sebelumnya Polyanin, si anak,  pulih dari kecelakaan mobil serius pada 2018 yang melibatkan taksi Mercedes Benz E-200 yang ia tumpangi di Moskow. Dia membutuhkan perawatan berbulan-bulan dan kemudian menuntut ganti rugi atas kecelakaan di mana dia menderita banyak luka.

Polyanin dan Sofia telah bersama sejak mereka masih mahasiswa di Barnaul, dan pada bulan Februari dia menunjukkan apa yang tampak seperti cincin kawin dalam sebuah postingan yang mempromosikan bisnis kuenya. Dia juga membuka alamat baru pasangan itu secara online di Jalan Novgorodskaya.

Beberapa hari setelah ulang tahunnya yang ke-28 pada tanggal 4 Maret, dia membagikan foto kue yang dia buat untuknya, yang juga muncul sekitar waktu pasangan itu makan.