Saat Jual Mobil Listrik, Ini Langkah Pembersihan yang Harus Diperhatikan
Sebelum menjual mobil listrik, ada langkah-langkah pembersihan yang harus dilakukan. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saat seseorang menjual mobil, khususnya yang bertenaga listrik, kemungkinan juga menjual informasi pribadi Anda. Sementara kebanyakan orang berpikir mereka sudah selesai hanya dengan membersihkan mobil mereka saja. Namun sebenarnya Anda juga harus membersihkan informasi elektronik mobil Anda. Menurut Komisi Perdagangan Federal, mobil listrik adalah komputer yang menyimpan banyak informasi tentang seseorang.

 “Dengan teknologi di kendaraan saat ini, ada kemudahan ketika mereka memiliki kendaraan, tapi itu bisa membawa kita ke beberapa jenis usaha membuka diri untuk beberapa jenis pencurian identitas dan pasti kompromi informasi pribadi kita, jika dan ketika kita menjual kendaraan itu kepada orang lain dengan cara peta melacak tempat-tempat yang pernah kita kunjungi, kode pintu garasi yang disimpan, cara kita menghubungkan ponsel dan aplikasi kita ke komputer di dalam kendaraan. Kami ingin memastikan bahwa kami ingin membersihkan barang-barang itu dan tidak menyerahkan kendaraan Anda dengan semua data itu masih tersimpan,” kata Chris Babin, dari Better Business Bureau of Acadiana.

Setiap hari, orang menjual mobil mereka di situs seperti Facebook Marketplace,  dan situs iklan baris lainnya. Para ahli memperingatkan mereka juga mungkin menjual informasi pribadi mereka.

“Ini dapat menyimpan informasi kartu kredit Anda di dalam kendaraan di suatu tempat atau bahkan, mungkin jaringan Wi-Fi rumah Anda yang dengan teknologi dan alat yang tepat, orang yang tepat, dapat mengakses jaringan rumah Anda yang dapat membuat komputer dan laptop Anda dan semuanya rentan juga, ” kata Babin. 

Sebagai tindakan pencegahan, dealer mobil menghapus semua informasi pribadi yang disimpan di kendaraan seseorang setelah diperdagangkan.

“Selalu pastikan Anda menghapus ponsel lama dan buku telepon serta alamat Anda di sistem navigasi Anda untuk melindungi diri Anda dari informasi masa depan yang tertinggal di mobil. Saat Anda masuk ke navigasi, Anda ingin menghapus semua alamat yang Anda miliki,” kata Michelle Newland, Penasihat Klien BMW dari Moss BMW.

Berikut adalah beberapa tip dari Better Business Bureau tentang apa yang harus dicari saat membersihkan data pribadi Anda dari mobil Anda:

- Periksa opsi reset pabrik di mobil Anda.

- Hapus layanan berlangganan seperti radio satelit dan hotspot Wi-Fi.

- Periksa sinkronisasi. Lihat apakah kontak telepon Anda atau konten digital lainnya seperti musik dapat diunduh di dalam mobil.

- Tinjau sistem navigasi untuk data lokasi seperti rumah dan kantor.

- Hapus kode pintu garasi untuk rumah atau kantor Anda.

Lewat cara-cara tersebut, maka kendaraan listrik atau mobil yang sudah dikaitkan  dengan aplikasi komputer bisa “benar-benar bersih”.