Fitur Instagram Add Yours Bikin Geger, Warganet Jadi Korban Penipuan!
Fitur Add Yours awalnya memungkinkan konten kreator untuk mengubah unggahan. (foto: dok. Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Belakangan fitur anyar Instagram Add Yours berseliweran di Stories pada aplikasi milik Meta itu. Namun ternyata, fitur ini berhasil dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab untuk melakukan penipuan.

Fitur Add Yours awalnya memungkinkan konten kreator untuk mengubah unggahan Stories mereka menjadi utas, di mana pengguna lain dapat merespons dengan konten mereka sendiri yang cocok dengan permintaan tertentu.

Misalnya, konten kreator dapat membagikan permintaan Add Yours dengan tema OOTD (Outfit Out The Day) hari ini, atau nama panggilan kecil, yang mendorong pengguna lain untuk membagikan Stories pakaian atau nama panggilan mereka sendiri sebagai tanggapan atas permintaan tersebut.

Meski terlihat asyik, tetapi fitur ini ternyata justru menjadi malapetaka bagi sebagian orang karena bocornya data pribadi. Salah seorang pengguna Twitter dengan akun @DitaMoechtar membagikan unggahan yang menceritakan bahwa temannya menjadi korban penipuan setelah mengikuti trend fitur Add Yours.

"Pagi td temen sy tlp, nangis2 abis ditipu katanya. Biasalah, penipu yg tlp minta transfer gtu. Yg bikin temen sy percaya, si penipu manggil dia “pim”. “Pim” adlh panggilan kecil tmn sy, yg hanya org deket yg tau. Terus dia inget dia abis ikutan ini," tweet @DitaMoechtar.

"Challenge kayak gini ga perlu selalu diikutin gaes."

"Challenge one day one juz aja diabaikan ya? Istighfar," imbuhnya.

Perlu dicatat, data pribadi sebaiknya memang tidak boleh sembarang dibagikan kepada siapapun, apalagi di media sosial yang jelas privasinya tidak dapat terjaga dengan aman.

Agar tidak terjadi hal serupa, sebaiknya pengguna media sosial harus berhati-hati dan mengetahui dengan jelas data pribadi apa saja yang tidak boleh dibagikan di media sosial.

  1. Nama Asli
  2. Nama Variasi Panggilan
  3. Nama Ibu/Bapak Kandung
  4. Nama Lengkap Keluarga Lain (Suami, Anak atau Kakak)
  5. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  6. Nomor Kartu Keluarga (KK)
  7. Tempat Tanggal Lahir
  8. Alamat Rumah
  9. Selfie dengan KTP
  10. Tanda Tangan