Bagikan:

JAKARTA - Google baru saja merilis versi beta Chrome 97. Meski tak membawa perubahan besar dari versi Chrome 96 yang belum lama dirilis, tetapi Chrome 97 dapat meningkatkan privasi pengguna.

Perusahaan telah mengkonfigurasi ulang pengaturan Privasi dan Keamanan dalam rilis beta Chrome 97 terbaru, dalam upaya merampingkan kemampuan untuk menghapus data yang disimpan oleh situs web.

Langkah tersebut diklaim Google akan memungkinkan pengguna browser web untuk lebih memahami dan mengelola privasi mereka di web, dengan memberikan lebih banyak kejelasan dalam mengontrol pengaturan penyimpanan situs.

Dihimpun dari GSM Arena, Senin, 22 November, dimulai dengan rilis Chrome 97 Beta, halaman pengaturan Privasi dan Keamanan telah didesain ulang untuk memungkinkan pengguna menghapus semua data yang disimpan oleh masing-masing situs dengan satu klik.

Untuk menghapus data Anda, cukup mudah. Jika Anda sudah menginstal Chrome 97 versi beta nantinya, Anda hanya perlu mengunjungi Pengaturan kemudian pilih Privasi dan Keamanan klik Pengaturan Situs pilih Lihat izin dan data yang disimpan di seluruh file.

Peningkatan ini akan menggantikan kontrol lebih terperinci, yang memungkinkan pengguna menghapus cookie individual. Google mengatakan karena hal itu dapat menyebabkan perilaku yang tidak diinginkan dan berpotensi merusak situs web.

Namun, opsi untuk menghapus cookie individual akan tetap tersedia di DevTools. Google menyatakan kontrol granular biasanya hanya dibutuhkan oleh pengembang, jadi itu menyelipkan alat dari tempat-tempat di mana orang biasa bisa menemukannya.

Dukungan Keyboard Internasional yang Lebih Baik di Chrome Desktop

Sebagian pengguna Chrome mungkin sudah mengalami ini, terkadang situasi web akan default ke tata letak keyboard versi Amerika Serikat (AS), bahkan jika pengguna sebenarnya menggunakan keyboard fisik yang memiliki simbol lain.

Karena dukungan Chrome untuk keyboard saat ini sudah dikembangkan, seharusnya peningkatan ini menjadi keunggulan, tetapi ada beberapa kesempatan di mana pengembang harus ekstra waspada untuk memastikan situs web mereka memahami tombol mana yang akan ditekan.

API baru tersebut memudahkan situs web untuk mengambil keyboard yang digunakan, dengan peningkatan ini menjadi sangat penting untuk aplikasi web Office yang berjalan di Outlook atau Teams. Ini juga merupakan perbaikan yang diperkenalkan oleh Microsoft dan akan datang ke Edge.