Bagikan:

JAKARTA - Mahkamah Agung A.S. pada Senin, 15 November,  menolak tawaran Volkswagen AG dalam usaha untuk menghindari tuntutan hukum yang diajukan oleh pejabat di tiga negara bagian. Ketiganya  menuntut dan meminta ganti rugi atas skandal kecurangan emisi diesel dari pembuat mobil asal Jerman itu.

Para hakim menolak untuk mendengarkan banding oleh VW dan pemasok mobil Jerman Robert Bosch LLC tentang putusan pengadilan yang lebih rendah yang memungkinkan Hillsborough County Florida dan Salt Lake County Utah untuk berusaha meminta pertanggungjawaban perusahaan berdasarkan undang-undang dan peraturan setempat yang melarang merusak kontrol emisi kendaraan. Pengadilan juga menolak banding VW atas putusan serupa dalam kasus yang diajukan oleh negara bagian Ohio.

Seorang juru bicara VW mencatat bahwa keputusan pengadilan untuk tidak mendengarkan banding bukanlah "penetapan manfaat" dari argumen hukum perusahaan.

"Kami yakin dengan kekuatan pembelaan faktual dan hukum kami, termasuk bahwa pembaruan perangkat lunak mengurangi emisi, dan akan menentang klaim ini dengan penuh semangat saat kasus ini berlanjut," kata juru bicara itu.

Anak perusahaan Volkswagen AG, Volkswagen Group of America Inc, berpendapat bahwa di bawah Clean Air Act, undang-undang lingkungan AS yang penting, hanya pemerintah federal yang dapat mengajukan klaim tersebut. VW mencatat bahwa mereka telah mencapai penyelesaian lebih dari 20 miliar dolar AS dengan Badan Perlindungan Lingkungan AS.

Tuntutan hukum menuduh VW menipu EPA - dan dengan melakukan itu juga melanggar hukum setempat.

"Kami senang Mahkamah Agung mengakui bahwa undang-undang lingkungan federal tidak memberikan hak kepada produsen mobil untuk menipu warga Ohio," kata juru bicara Jaksa Agung Ohio, Dave Yost.

Seorang juru bicara pengacara yang mewakili kedua wilayah itu menambahkan bahwa tindakan Mahkamah Agung "menegaskan kembali bahwa pemerintah daerah memainkan peran penting dalam memerangi polusi udara."

Pemerintahan Presiden AS, Joe Biden, yang diminta oleh pengadilan untuk mempertimbangkan perselisihan tersebut, telah mendesak para hakim untuk tidak mendengarkan masalah tersebut, dengan mengatakan Undang-Undang Udara Bersih memungkinkan penegakan hukum negara bagian.

Dalam satu kasus, Volkswagen berusaha untuk membatalkan putusan tahun 2020 oleh Pengadilan Banding Sirkuit AS ke-9 yang berbasis di San Francisco. Sirkuit ke-9 memutuskan bahwa Clean Air Act tidak menghalangi upaya lokal untuk membebankan tanggung jawab atas kendaraan yang telah dirusak VW setelah dijual.

Sirkuit ke-9, bagaimanapun, setuju dengan VW bahwa mereka tidak dapat dimintai pertanggungjawaban di bawah undang-undang anti-gangguan setempat atas tindakan yang diambil sebelum penjualan.

Sirkuit ke-9 mengatakan keputusannya dapat menyebabkan "tanggung jawab yang mengejutkan bagi Volkswagen."

Volkswagen juga berusaha untuk membatalkan keputusan Juni lalu oleh Mahkamah Agung Ohio yang mencapai kesimpulan serupa.

VW mengatakan bisa menghadapi kerusakan besar dalam kasus ini dan kemungkinan lainnya. Daimler AG dan Fiat Chrysler, bagian dari Stellantis NV, menghadapi klaim serupa.

Volkswagen mengumumkan pada bulan September bahwa mereka setuju untuk membayar 1,5 juta dolar AS untuk menyelesaikan klaim serupa di New Hampshire dan Montana.

Pada tahun 2015, Volkswagen mengungkapkan bahwa mereka telah menggunakan perangkat lunak canggih untuk menghindari persyaratan emisi nitrogen oksida di hampir 11 juta kendaraan di seluruh dunia. Itu juga menyesatkan EPA, yang mulai mengajukan pertanyaan pada tahun 2014.

Selain melengkapi kendaraan dengan "defeat devices" sebelum dijual, VW juga memasang pembaruan perangkat lunak setelah penjualan, yang merupakan perilaku yang dipermasalahkan di hadapan Mahkamah Agung.

Pada saat itu, VW tidak mengungkapkan tujuan sebenarnya dari pembaruan tersebut, yang ditujukan untuk menyempurnakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol emisi.

VW sendiri adalah pabrik mobil yang belum menyetujui emisi karbon nol pada 2040 sesuai kesepakatan CIOP26. Mereka juga bersikeras untuk terus memproduksi mobil dengan pembakaran internal.