Pemerintah Iran Sita Ratusan Mesin Penambangan Kripto Ilegal
Pemerintah Iran sita ratusan rig mining kripto (TheGeekPub)

Bagikan:

JAKARTA – Menjamurnya penambangan kripto ilegal di Iran mendorong pemerintah untuk menindak operasi penambangan kripto tanpa izin di negaranya. BUMN Iran Tavanir berhasil menyita 227 rig mining kripto pada pekan lalu. Mereka menemukan ratusan mesin tersebut di 14 lokasi penambangan kripto ilegal rumahan di berbagai wilayah di Iran.

Melansir Bitcoin.com News, mesin pertambangan ditemukan di rumah-rumah selama inspeksi yang dilakukan oleh Tavanir sebagaimana dilaporkan Ibena dan harian bisnis berbahasa Inggris Financial Tribune. Laporan tersebut menunjukkan bahwa fasilitas penambangan kripto ilegal ditemukan di provinsi Teheran, Azerbaijan Timur, Isfahan, dan Khuzestan.

Sebagai informasi, penambangan mata uang kripto telah menjadi sumber pendapatan tambahan yang populer bagi sebagian banyak orang Iran. Pemerintah melegalkan kegiatan tersebut pada tahun 2019. Entitas yang ingin mengoperasikan fasilitas penambangan kripto harus mendapatkan izin dari Kementerian Perindustrian dan lebih dari 50 perusahaan telah melakukannya.

Sementara bisnis pertambangan terdaftar diharuskan membayar listrik yang mereka gunakan dengan tarif ekspor yang lebih tinggi, konsumen swasta di Iran memiliki akses ke listrik rumah tangga bersubsidi. Energi murah yang tersedia dan kenaikan harga cryptocurrency pada tahun lalu telah menyebabkan peternakan penambangan ilegal bermunculan di seluruh Republik Islam.

Baik penambang crypto resmi dan bawah tanah sebagian besar disalahkan atas kekurangan listrik musim panas ini, ketika cuaca yang luar biasa panas meningkatkan permintaan listrik. Pada bulan Mei, pihak berwenang memberlakukan larangan sementara pada semua penambangan cryptocurrency untuk mengurangi defisit daya. Kemudian, pada bulan Agustus, Tavanir mengumumkan akan mencabut pembatasan untuk penambang berlisensi pada 22 September ketika suhu mulai turun.

Perusahaan listrik menyita semua peralatan dari penambang ilegal dan kantor kejaksaan baru-baru ini melarang pelepasan perangkat keras yang disita sampai parlemen Iran memutuskan bagaimana memperlakukan peternakan kripto yang tidak terdaftar dan operatornya. Sejauh ini, Tavanir telah menguasai 221.390 alat penambangan dan menutup 5.756 fasilitas penambangan ilegal. Pemiliknya menghadapi denda atas kerusakan yang ditimbulkan pada jaringan distribusi nasional.

Menurut perkiraan resmi yang diberikan oleh utilitas listrik Iran, peternakan crypto yang disahkan oleh Kementerian Industri saat ini mengkonsumsi sekitar 400 megawatt (MW) listrik. Pada saat yang sama, penambang tanpa izin dituduh membakar hampir 2.000 MW setiap hari.

Tavanir telah memperingatkan tentang kemungkinan pemadaman listrik selama bulan-bulan musim dingin ketika permintaan listrik meningkat lagi di tengah tekanan berkelanjutan yang diberikan pada jaringan nasional oleh operasi penambangan ilegal.

“Meningkatnya permintaan listrik oleh penambang crypto yang tidak sah kemungkinan akan menyebabkan pemadaman musim dingin ini ketika konsumsi gas juga mencapai puncaknya seperti yang terjadi di musim panas,” kata pihak perusahaan.

Selain itu, mereka juga menyatakan bahwa hukuman saat ini tidak cukup keras untuk mencegah penambang kripto ilegal dan menyerukan tindakan yang lebih ketat.