Bagikan:

JAKARTA – Ujian berat langsung dihadapi oleh Polandia ketika mengawali kiprah mereka di Euro 2024. Belanda sebagai salah satu tim favorit juara akan menjadi lawan tangguh di laga pertama grup.

The Eagles memulai penyisihan Grup D versus Belanda akan berlangsung di Volksparkstadion, Hamburg, pada Minggu, 16 Juni pukul 20.00 WIB. Impian mereka untuk mencari poin melawan Oranje, jelas perkara yang berat jika melihat upaya mereka untuk bermain, di turnamen ini.

Polandia maju ke putaran final Euro tahun ini melalui babak playoff. Itupun setelah mereka finis di urutan ketiga Grup E saat kualifikasi, di belakang Republik Ceko di posisi kedua dan Albania di tempat paling atas.

Itu jelas catatan yang muram jika dibandingkan dengan perjalanan Belanda ke turnamen. Tim tersebut dengan nyaman menjadi runner up di klasemen Grup B dan datang dengan tekad untuk meraih gelar Eropa kedua mereka.

Ini adalah turnamen besar kelima beruntun yang dimainkan oleh Polandia. Mereka tiba di negara tetangga mereka Jerman dengan lima kemenangan beruntun, sehingga harapan dapat melaju ke fase gugur juga tinggi.

Tapi harapan tersebut dihantam oleh cedera Robert Lewandowski baru-baru ini. Situasi yang membuat The Eagles tidak dapat memainkan sang pemain andalan mereka itu pada pertandingan pembuka melawan Belanda ini.

Selain itu, tempat ketiga dalam klasemen akhir kualifikasi, yang membuat mereka harus ke playoff, semakin menebalkan keraguan Polandia bisa berbicara banyak di turnamen. Terlebih grup mereka di kualifikasi berisi tim-tim semenjana.

Mereka kemudian mengalahkan Estonia dan Wales melalui adu penalti yang dramatis di babak playoff untuk masuk ke putaran final. Dua kemenangan itu tidak mengubah citra mereka sebagai nonunggalan di Euro tahun ini.

Bulan ini, The Eagles memainkan dua pertandingan persahabatan untuk pemanasan sebelum ke Jerman. Dua laga masing-masing melawan Ukraina dan Turki berakhir dengan kemenangan dan lima pemain yang berbeda mencetak gol.

Hal itu memberikan harapan bahwa absennya Lewandowski tidak akan terlalu berbahaya. Namun, sejarah tidak berpihak kepada Polandia, yang hanya memenangkan dua dari 14 pertandingan di Euro sampai saat ini.

Selain itu, rekam jejak mereka melawan Belanda juga begitu kelam. Mereka memiliki catatan tidak pernah menang dalam 12 pertandingan sejak 1979 menjelang bentrok pertama dengan Belanda di turnamen besar malam nanti.

Di sisi lain, tahun ini adalah kali kesebelas Belanda bermain di Euro. Dari jumlah penampilan itu mereka tercatat pernah mengangkat trofi turnamen ini ketika terakhir kali diadakan secara eksklusif di Jerman pada di tahun 1988.

Setelah itu Oranje belum pernah mencapai babak empat besar dalam 20 tahun terakhir. Karenanya, pasukan asuhan Ronald Koeman saat ini yang bertabur pemain bagus, jelas sangat ingin memperbaiki catatan tersebut.

Agar bisa ke babak gugur, laga pertama melawan Polandia sangatlah krusial buat skuad Koeman. Pasalnya, setelah ini mereka akan menghadapi tim unggulan Perancis dan tim Kuda Hitam Austria.

Tiga poin melawan Polandia seharusnya bisa mereka dapatkan. Setelah kemenangan 4-0 atas Kanada pekan lalu, Belanda melanjutkan pemanasan mereka dengan menghancurkan Islandia dengan skor yang sama pada awal pekan ini.

Selain itu, mereka juga telah memenangkan empat dari enam pertandingan sebelumnya. Satu-satunya pengecualian terjadi saat mereka menghadapi tim papan atas, Perancis dan Jerman.

Hasil yang cukup positif itu membuat Belanda bisa lebih percaya diri membuka kampanye mereka. Absennya gelandang Frenkie de Jong di lini tengah sepertinya tidak menjadi persoalan penting buat tim.

Perkiraan Formasi

Polandia (3-6-1): Szczesny; Bednarek, Dawidowicz, Kiwior; Slisz; Frankowski, Zielinski, Piotrowski, Szymanski, Zalewski; Swiderski

Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Dumfries, Van Dijk, Ake, Van de Ven; Schouten, Veerman; Simons, Reijnders, Gakpo; Depay