Bagikan:

JAKARTA - Pembalap reli nasional yaitu Julian Johan (Jeje) akan mengikuti kompetisi Asia Cross Contry Rally (AXCR) 2024 yang berlangsung di Thailand-Malaysia pada Agustus mendatang bersama dengan tim Jejelogy GHP Law Firm.

Dalam kompetisi tersebut, Jeje akan membawa model Toyota Land Cruiser 200 yang telah dimodifikasi mengambil basis dari Lexus LX570 keluaran tahun 2010 dan telah mengalami sejumlah peningkatan dibandingkan tahun lalu.

Meskipun memakai basis yang sama seperti sebelumnya, ia menyebutkan ada sejumlah alasan mengapa dirinya dan tim memilih mobil ini untuk digunakan dalam kompetisi reli tahunan di Asia-Pasifik tersebut.

“Basic dari Lexus LX570 ini tentu lebih murah dari Land Cruiser 200 walaupun itu tidak menjadi alasan mengapa kami memilih Lexus. Lebih ke karena nature mesin bensinnya,” kata Jeje setelah sesi peluncuran di Pondok Indah, Jakarta, Rabu, 10 Juli.

6

Ia juga mengaku membeli Lexus LX570 keluaran tahun 2010 itu berada di angka Rp750 juta dalam keadaan bekas.

“Saat itu yang membeli mobilnya yaitu saya sendiri bersama dengan tim principal, Bonie Guido, ini angkanya mencapai Rp750 juta walaupun ada sekarang harganya naik, tapi kami membeli kendaraannya dengan harga segitu,” jelas Jeje.

Selanjutnya, Jeje bersama tim juga memodifikasi dan mengembangkan kendaraan tersebut selama lebih dari setengah tahun dan bisa menghabiskan dana lebih dari Rp1,2 miliaran untuk membangun mobil ini

“Setelahnya, kami memodifikasinya selama 6-7 bulan ditambah dengan tambahan upgrade tahun ini, termasuk mesin bisa menghabiskan lebih dari Rp1,2 miliar,” tambah Jeje.

7

Berbeda dari tahun lalu, mobil Land Cruiser yang telah dimodifikasi ini mengalami peningkatan pada bagian mesin dari kapasitas 5.700 cc menjadi 6.100 cc dengan daya output lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Pada gelaran AXCR 2024, Jeje akan mengikuti kelas T1G dan diharapkan dapat masuk ke urutan top 10 secara overall sebagai persembahan dalam rangka merayakan HUT RI Ke-79 pada 17 Agustus bersamaan dengan hari terakhir ajang ini.

Selain itu, Jeje akan ditemani dengan dua co-driver, yakni Recky Resanto dari Indonesia dan Chupong Chaiwan dari Thailand yang merupakan navigator berpengalaman dalam kompetisi tersebut.