Kiat Agar Mobil Nyaman untuk Mudik Lebaran
Dashboard mobil All New Ertiga Hybrid Cruise/ FOTO: Suzuki Indomobil Sales

Bagikan:

JAKARTA - Selain menggunakan transportasi umum, tidak sedikit masyarakat yang memilih menggunakan mobil pribadi untuk mudik lebaran ke kampung halaman.

Sederet persiapan kendaraan menjadi hal yang wajib dilakukan, seperti pengecekan oli, coolant, filter, ban hingga spooring balancing. Namun masih banyak persiapan yang bisa dilakukan untuk mewujudkan perjalanan mudik agar nyaman dan berkesan.

"Tentu momen mudik yang sudah dinanti-nantikan ini harapannya bisa dijalani dengan nyaman dan penuh cerita baik. Menyambut momen libur lebaran 2024, Suzuki menghimbau agar pelanggan setia kami menyiapkan mobilnya dengan maksimal untuk perjalanan mudik yang berkesan," kata Asst to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi, dalam keterangan dikutip Sabtu, 6 April.

Lantas apa saja persiapan lain yang penting dilakukan? Berikut penjelasannya di bawah ini.

Pastikan AC berfungsi baik

Setiap pengguna roda empat wajib memastikan air conditioner (AC) dapat berfungsi dengan baik, sebab perjalanan panjang membutuhkan kenyamanan sehingga keluarga tidak merasa stres selama perjalanan. Pastikan filter AC, tali kipas hingga kompresor masih berfungsi dengan baik.

Persiapkan suasana kabin yang bersih

Selama perjalanan mudik, sangat penting untuk menjaga kebersihan serta aroma di dalam mobil, sebab kabin mobil yang bersih dan wangi berpengaruh terhadap kenyamanan dan suasana hati selama perjalanan. Untuk menghindarkan mobil dari aroma tidak sedap yang berasal dari sisa makanan, sebaiknya pelanggan melengkapi kabin mobil dengan tempat sampah yang tertutup.

Pemilihan kaca film yang sesuai

Seperti diketahui, penggunaan kaca film yang tepat dapat melindungi dari paparan sinar UV hingga mengurangi risiko kejahatan. Untuk itu pastikan Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan, pada bagian depan bisa menggunakan kaca film dengan kegelapan maksimal mencapai 40 persen dan pada bagian kiri kanan dapat diganti dengan kegelapan kaca film maksimal 70 persen.

Mengaktifkan fitur Engine Auto-Stop untuk efisiensi bahan bakar

Ciri khas perjalanan mudik itu lalu lintas pasti padat yang berdampak pada konsumsi bahan bakar. Pemudik yang menggunakan mobil hybrid Suzuki bisa lebih tenang pada kondisi tersebut karena adanya fitur engine auto-stop dapat mendukung perjalanan mudik yang lebih hemat. Dalam kondisi kapasitas baterai yang cukup, fitur ini akan mematikan mesin secara otomatis saat pengendara menghentikan laju mobilnya untuk beberapa saat.