Bagikan:

JAKARTA - Menjelang lebaran 2024, masyarakat beramai-ramai dalam mencari kebutuhan mobilitas dengan harga yang terjangkau demi melaksanakan perjalanan mudik ke kampung halaman. Lalu, bagaimana kondisinya di pelelangan?

Chief Operating Officer (COO) JBA Indonesia Deny Gunawan mengatakan bahwa masyarakat cenderung mencari kendaraan bekas dengan rentang harga Rp80 juta hingga Rp150 juta.

“Kalau menjelang mudik, mobil yang biasa dicari dalam rentang harga mayoritas 80-150 juta,” kata Deny saat ditemui media di Menteng, Senin, 25 Maret.

Tidak hanya itu, pemudik juga mencari kendaraan yang dapat memuat banyak orang dengan membawa barang berkapasitas besar, sehingga mobil yang menjadi barang incaran ialah dalam segmen tujuh tempat duduk, seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

“Saat ini masyarakat berminat pada mobil yang dapat menampung barang bawaan dan penumpang banyak ke kampung, seperti Avanza, Xenia, dan bahkan Innova juga ada,” jelas Deny.

Meskipun mayoritas masyarakat minati mobil berkapasitas tujuh tempat duduk, kendaraan dalam segmen Low Cost Green Car (LCGC) juga diinginkan oleh para pemudik menjelang perayaan idulfitri.

“LCGC juga diminati, namun saat ini masyarakat lebih condong berminat ke mobil 7-seater,” ungkap Deny.

Deny juga menjelaskan bahwa pihaknya menerima pertumbuhan yang pesat menjelang lebaran 2024 karena masyarakat sedang gemar mencari kendaraan bekas di balai lelang.

“Beberapa waktu terakhir sebelum lebaran nanti biasanya transaksi mengalami peningkatan sekitar 15-20 persen,” pungkas Deny.

Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan kendaraan yang diinginkan, JBA Indonesia memiliki 14 cabang dan 22 hub yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.