Volvo Perkenalkan Sistem Peringatan Kecelakaan Terbaru, Apa Hebatnya?
Fitur Accident Ahead Alert diaktifkan di dasbor mobil EX40. (Dok. Volvo Cars)

Bagikan:

JAKARTA - Volvo dikenal sebagai merek otomotif yang gemar meluncurkan mobil dengan sistem keselamatan nomor satu. Demi memperkuat komitmen ini, mereka meluncurkan sistem baru untuk memberi peringatan akan adanya kecelakaan di depan.

Dinamakan ‘Accident Ahead Alert’, sistem ini dapat memperingatkan pengemudi akan adanya kecelakaan di depan dengan menggunakan data real-time dari pusat manajemen lalu lintas. Fitur ini akan tersedia pada mobil Volvo di Eropa, mulai dari Denmark.

“Dengan menggunakan teknologi keselamatan terkoneksi kami yang inovatif, sistem ini dapat membantu pengemudi Volvo menghindari kejutan yang tidak terduga, sekaligus berkontribusi dalam menjadikan jalan raya lebih aman bagi semua orang,” kata Asa Haglund, sebagai Head of Volvo Cars Safety Centre, dalam laman resmi merek, Jumat, 1 Maret.

Dengan tujuan membantu pengemudi menghindari tabrakan dan kemacetan lalu lintas akibat kecelakaan di depan, fitur ini dirancang untuk memberikan peringatan instan kepada pengemudi tentang adanya kecelakaan lalu lintas hingga beberapa ratus meter di depan.

Data lokasi disediakan oleh otoritas jalan nasional dan mobil Volvo yang kompatibel. Untuk beberapa waktu mendatang, pabrikan berniat untuk mengintegrasikan lebih banyak data lalu lintas yang dibagikan oleh European Data for Road Safety, termasuk pusat manajemen lalu lintas nasional di negara lain.

Untuk membuat jalan raya menjadi lebih aman, Volvo juga mengajak lebih banyak otoritas untuk membagikan data kecelakaan lalu lintas secara anonim dan mendorong produsen otomotif lain untuk mengusung teknologi serupa.

Bagi pemilik kendaraan yang telah mengusung sistem ini, cukup aktifkan dengan menggunakan opsi ‘Connected Safety’ pada tampilan tengah, lalu fitur ini akan menyala dan memperingatkan pengemudi bila adanya kecelakaan di depan dengan peringatan lampu hazard di dasbor atau head-up.