Bagikan:

JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan kembali menggelar pameran kendaraan komersial, yakni Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024.

Acara yang diperuntukkan untuk kegiatan usaha dan pasar industri tersebut digelar pada tanggal 7-10 Maret mendatang yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Yohannes Nangoi, selaku Ketua Umum Gaikindo, mengatakan bahwa ajang ini dapat memberikan informasi yang positif kepada pasar internasional dan menjadi dorongan kegiatan ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia yang terus menunjukkan pertumbuhan pasca pandemi covid-19.

“Tahun 2023 lalu, ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia mencatat capaian sangat positif di 505.134 unit, dimana 8,18% nya adalah ekspor kendaraan komersial, kami konsentrasi penuh untuk dapat meningkatkannya. Salah satu upayanya adalah dengan memberi dorongan positif lewat penyelenggaraan pameran GIICOMVEC,” kata Nangoi dalam kata sambutan kepada media di Kuningan, Jakarta, Rabu, 7 Februari.

Nangoi menambahkan, pergelaran ini akan menghadirkan beragam produk dan teknologi terkini yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan berbagai pihak dalam melakukan kegiatan usahanya.

“GIICOMVEC 2024 akan menghadirkan produk dan teknologi terkini yang dibutuhkan untuk dapat mendukung kebutuhan pemerintah dan kebutuhan kegiatan para pelaku usaha bisnis di sektor swasta, mulai dari light commercial vehicle, heavy commercial vehicle hingga karoseri,” tambah Nangoi.

GIICOMVEC 2024 akan diselenggarakan di JCC Senayan yang akan menempati luas area lebih dari 14.000 meter persegi, menghadirkan berbagai macam kendaraan komersial serta serangkaian industri pendukung.

Acara ini akan menghadirkan beberapa merek otomotif ternama di Indonesia, seperti Daihatsu, Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Scania, Suzuki, Toyota, UD Trucks, VKTR, dan Wuling.

Acara yang ketiga ini akan mengundang lebih dari 10.000 pengusaha yang mempertemukannya dengan sejumlah merek kendaraan komersial terkemuka sehingga membuka potensi baru bagi industri kendaraan komersial di tanah air.

GIICOMVEC 2024 juga bekerjasama dengan sejumlah asosiasi yang berkaitan dengan industri kendaraan komersial, terdiri dari APTRINDO, IPOMI, ASKARINDO dan ALI yang akan memboyong para  anggotanya menghadiri pameran GIICOMVEC 2024.

Selain itu, pameran tersebut juga menghadirkan program Demo Area Truck & Bus, dimana para pengusaha berkesempatan untuk menyaksikan dan mencoba langsung kendaraan komersial yang diminatinya.

Tidak seperti pameran lainnya, GIICOMVEC tidak memberlakukan tiket masuk dan membuka kesempatan kepada para pelaku industri dan pebisnis untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui laman resmi acara pada bagian ‘visitors registration’.

Acara tersebut berlaku bagi para pelaku bisnis mulai dari tanggal 7 hingga 9 Maret mendatang, kemudian dibuka untuk publik di hari terakhir pada 10 Maret.