Penyebab Busi Mobil Cepat Mati: Berikut Uraiannya
Penyebab Busi Mobil Cepat Mati (Gambar Gillsgarage)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sempatkah kalian merasakan busi mobil cepat mati sementara itu baru saja diganti dengan busi yang baru? Perihal tersebut bisa jadi gejala kalau mesin mobil bermasalah. Yuk cari tahu apa penyebab busi mobil cepat mati!

Busi mobil mempunyai peran yang lumayan krusial ialah selaku pemercik api yang diperlukan pada proses pembakaran. Tidak heran apabila busi mobil alami kerusakan hingga berpotensi membuat sistem mesin mobil secara keseluruhan ikut terhambat peranannya.

Supaya peranan busi mobil bekerja dengan baik, ketahui pemicu busi cepat mati pada mobil serta teknik mengatasinya dalam artikel berikut ini.

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Terdapat 5 aspek pemicu busi mobil cepat mati sehingga susah melaksanakan tugasnya dalam memberikan percikan api buat proses pembakaran.

1. Busi Mobil Terhalang Oleh Oli 

Pemicu busi cepat mati yang pertama yaitu sebab oli mobil masuk ke ruang mesin mobil serta menutupi busi mobil buat memercikkan api dengan sempurna. Akibatnya ialah aliran listrik jadi terganggu serta berpotensi mengacaukan komponen mobil lain semacam power transistor ataupun koil.

Faktor terbentuknya ruang mesin bahas terendam oli mobil merupakan dinding silinder mesin yang telah keausan yang membuat ring oli susah mencegah oli masuk ke dalam ruang mesin.

Indikasi ruang mesin yang basah terkena oli mobil ini diisyarati dengan keluarnya asap pada knalpot mobil berupa putih kebiru-biruan serta tercium aroma oli mesin yang terbakar.

2. Kelebihan Bahan Bakar di Ruang Mesin

Tidak hanya oli yang memenuhi ruang mesin, pemicu busi mobil cepat mati yang lain yaitu karena banyaknya bahan bakar yang masuk ke dalam ruang mesin yang membuat permukaan busi kerap basah serta karburator terendam bahan bakar. Ruang mesin yang penuh bahan bakar ini bakal susah menghasilkan percikan api saat mesin mobil dihidupkan.

Biasanya, hal ini berlangsung pada mobil yang dibekali mesin karburator. Bahan bakar berlebih yang masuk ke ruang mesin apabila didiamkan begitu lama hingga bakal jadi lembap serta kotor. Energi isapan mesin jadi kurang terkendali sebab piston yang bergerak dari TMA menuju TMB bakal menghisap bahan bakar serta udara.

Kendati demikian, mobil yang dibekali sistem mesin EFI ataupun injektor pula dapat berpotensi terjadi hal demikian tetapi tidak semua mesin EFI. Umumnya, perihal ini berlangsung lantaran sistem injektor mobil sudah kotor serta bensin yang disemprotkan bukan berbentuk kabut spray.

3. Kerak Melekat Pada Busi Sehingga Terjadi Ketidaklancaran Proses Pembakaran

Pentingnya memakai bahan bakar bermutu terbaik ataupun bahan bakar yang sudah direkomendasikan oleh pabrik mobil lewat manual book- nya tidak terelakkan lagi. Alasannya, saat kalian memakai bahan bakar yang tidak sesuai ketentuan tersebut, maka dapat mempengaruhi kelancaran kerja busi mobil.

Terlebih apabila terdapat ketidakseimbangan perbandingan antara bensin serta udara. Yang berlangsung malah mesin mobil cuma memproduksi karbon yang banyak

Nantinya, sisa karbon tersebut malah bakal menumpuk, mengendap serta melekat di busi. Lama-kelamaan sisa karbon bakal jadi kotoran yang berkerak serta mengusik proses pengapian yang diperlukan ruang pembakaran mesin.

Bukan cuma sisa karbon saja melainkan ada banyak kotoran lain yang menempel serta berubah jadi kerak pada busi mobil yang bakal mengacaukan sistem operasional busi mobil di dalam ruang pembakaran.

4. Konsleting di Jalur Pengapian

Pemicu busi kerap mati berikutnya yaitu karena sudah terjadi konsleting pada jalan pengapian busi mobil. Sumber terbentuknya konsleting ini terdapat pada kabel busi yang mempunyai karet pelindung luar. Apabila karet tersebut sobek ataupun bocor maka arus listrik bakal ikut bocor dari sistem jalan pengapian tersebut.

Tidak hanya jadi faktor serta pemicu busi mobil cepat mati, kebocoran arus listrik ini pula dapat menyambar komponen lain semacam koil, CDI serta komponen lain yang terdapat pada body mesin.

Saat sebelum mengganti busi mobil, kalian perlu mengecek sistem jalur pengapian busi mobil buat meminimalisir terbentuknya kebocoran arus listrik.

5. Kualitas Busi Mobil

Buat mengenali pemicu busi mobil cepat mati yang terakhir yaitu dengan memperhatikan kualitas busi mobil kalian! Apakah mutu busi mobil terjamin bagus ataupun hasil dari bengkel mobil pinggir jalan yang mengklaim kalau mutu busi mobil tersebut bagus?

Apabila tidak terdapat oli mobil serta bensin pada ruang mesin ataupun tidak terjadi konsleting pada jalur pengapian, maka salah satunya yang jadi pemicu busi mobil cepat mati yaitu kualitas busi mobil yang kalian pakai.

Busi bermutu rendah berpotensi menghasilkan kerusakan pada komponen mobil yang lain. Sedangkan itu, apabila kalian membeli ataupun mengganti busi mobil di bengkel resmi maka telah terjamin busi mobil yang kalian pakai original serta bermutu terbaik.

Selain itu kami juga menyarankan kalian untuk mengetahui, “Komponen yang Rusak Akibat Mobil Sering Kehabisan Bensin” agar bisa melakukan pencegahan sejak dini.

Jadi setelah mengetahui penyebab busi mobil cepat mati, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!