Solusi Mobil Matic Tidak Bisa Distarter Berdasarkan Penyebabnya, Catat Yuk!
Ilustrasi mobil tidak bisa distarter (Foto: Pixabay/kaboompics)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bingung mobil matic mendadak tidak bisa distarter? Jangan panik, mari tenangkan pikiran lalu gali penyebab mobil matic tidak bisa dihidupkan. Bila penyebabnya sudah berhasil diidentifikasi, selanjutnya Anda bisa mencari tahu solusi mobil matic tidak bisa distarter.  

Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 28 Januari 2024, terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan mobil matic tidak bisa distarter, di antaranya:

  • Aki mobil soak: Penyebab paling umum mobil matic tidak bisa distarter adalah aki yang sudah soak atau melemah. Ini kerap terjadi pada mobil yang sudah lumayan tua. Biasanya, aki mobil tahan sekitar 2-5 tahun. Bila sudah lewat dari itu, kinerja aki akan melemah sehingga tidak kuat untuk menyalakan mobil.
  • Filter bahan bakar mampet: Filter bahan bakar mampet atau tersumbat bisa jadi penyebab mobil matic tidak bisa distarter. Bila filter tersumbat, bensin akan tercampur dengan kotoran atau air. Nah, bahan bakar yang sudah terpapar kotoran tidak akan bisa sampai ke mesin. Alhasil, kinerja mesin jadi terganggu dan mobil mendadak tidak bisa distarter.
  • Busi bermasalah: Busi adalah komponen yang berfungsi menghasilkan percikan api dalam proses menghidupkan mesin mobil. Bila busi mengalami masalah, seperti kotor, tersumbat, dan berkarat, proses percikan bunga api akan terganggu. Bila sudah demikian, sistem starter mobil tidak akan berfungsi dengan baik.
  • Ignition switch rusak: Ignition switch merupakan kunci kontak mobil yang menghubungkan mesin dengan aliran listrik. Komponen ini bisa jadi penyebab mobil tidak bisa distarter bila terdapat gangguan yang membuat aliran listrik tidak bisa tersambung ke mesin.
  • Ada masalah pada dinamo starter: Dinamo starter merupakan salah satu komponen yang bertanggung jawab dalam proses menghidupkan mesin. Bila komponen ini mengalami kerusakan, maka mesin mobil akan menjadi susah untuk dihidupkan.

Solusi Mobil Matic tidak Bisa Distarter

Setelah mengetahui deretan penyebab mobil matic tidak bisa distarter, hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut solusi mobil matic tidak bisa distarter berdasarkan penyebabnya:

  • Mobil tidak bisa distarter akibat aki soak: Solusinya, mengganti aki dengan yang baru. Hindari mengganti aki secara mandiri apabila Anda tidak berpengalaman. Biarkan teknisi ahli yang melakukannya agar tidak ada kerusakan pada komponen lainnya.
  • Mobil tidak bisa distarter akibat filter bahan bakar tersumbat: Solusinya mengganti filter bensin dengan yang baru. Untuk mencegah kejadian serupa, Anda perlu mengganti filter bensin ketika mobil sudah menempuh jarak 24.000 km.
  • Mobil tidak bisa distarter akibat busi bermasalah: Solusinya, buka kap mesin, lalu cabut busi. Bersihkan komponen pada bagian yang ternoda dengan menggunakan kain bersih. Apabila mobil tetap tidak bisa menyala, maka Anda perlu mengganti busi dengan yang baru.
  • Mobil tidak bisa distarter akibat ignition switch rusak: Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan pengecekan, apakah aliran listrik masih ada dan bisa mencapai mesin mobil atau tidak. Jika sistem kelistrikan masih ada namun tidak dapat mencapai mesin, maka Anda bisa menyambungkannya langsung tanpa melalui perantara kunci kontak.
  • Mobil tidak bisa dihidupkan akibat ada masalah pada dinamo starter: Bila sudah begini, satu-satunya solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan perbaikan dinamo starter di bengkel. Bila tidak bisa diperbaiki, maka harus diganti dengan yang baru.

Demikian informasi tentang solusi mobil tidak bisa distarter. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.