Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak pemilik kendaraan roda empat yang mempertanyakan penyebab mobil ngadat saat RPM rendah. Mobil yang nyendat-nyendat saat melaju dengan RPM rendah kerap dialami oleh pengendara. Kondisi ini sering membuat pengemudi bingung dan tentunya mengganggu saat di jalan.

Mobil yang ngadat saat RPM rendah bisa menjadi pertanda adanya masalah pada kendaraan Anda. JIka kondisi ini terus dibiarkan maka bisa menimbulkan gangguan lebih parah pada mobil. Ada beberapa penyebab mobil brebet saat RPM rendah yang perlu Anda tahu.

Penyebab Mobil Ngadat saat RPM Rendah

Mobil yang bergetar atau nyendat saat RPM rendah, bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini sejumlah masalah yang bisa menyebabkan mobil ngadat saat RPM rendah. 

Filter Bahan Bakar Kotor

Salah satu penyebab mobil brebet saat RPM rendah adalah filter bahan bakar yang kotor. Filter yang kotor ini akan menghambat aliran bensin ke seluruh komponen mesin mobil, sehingga mengakibatkan berkurangnya tenaga mesin dan performa mobil menjadi tidak lancar.

Untuk menghindari masalah ini, Anda perlu mencuci filter bahan bakar. Namun pastikan melakukannya dengan hati-hati karena filter ini terletak di lokasi yang sulit dijangkau dan memerlukan perlakuan khusus. Demi keamanan dan kemudahan, sebaiknya minta bantuan mekanik untuk membantu menangani.

Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Kondisi lainnya yang bisa menyebabkan mobil nyendat saat RPM rendah adalah ketidaksesuaian jenis bahan bakar yang digunakan. Setiap mobil dirancang untuk pemakaian BBM tertentu. Jika Anda memiliki mobil dengan sistem injeksi tinggi, namun mengisi dengan bahan bakar beroktan rendah seperti premium maka dapat mempengaruhi performa mesin, 

Penggunaan BBM yang tidak sesuai kebutuhan mobil juga berpotensi mengganggu saat berakselerasi di RPM rendah. Jadi pastikan Anda mengisi BBM mobil dengan jenis bahan bakar sesuai spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan. Misalnya, jika mobil Anda membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi maka isi dengan pertalite.

Busi Sudah Rusak

Jika busi mobil telah aus atau rusak, percikan api yang dihasilkan mungkin tidak sesuai standar. Kondisi ini bisa mengakibatkan mesin berjalan tidak optimal, yang mungkin terdengar kasar atau menghambat akselerasi saat RPM rendah.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mengganti busi mobil dengan yang baru atau sesuai standar pabrikan. Dengan pemakaian busi yang tepat, percikan api akan sesuai dengan kebutuhan mobil dan membantu mencegah masalah performa mesin saat beroperasi di RPM rendah.

Sensor Injeksi Rusak

Alasan lain mengapa mobil nyendat saat RPM rendah adalah mungkin karena kerusakan pada sensor injeksi atau Electronic Fuel Injection (EFI). Sensor EFI merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk mengidentifikasi suhu mesin dan aliran udara.

Deteksi ini digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan ECU (Engine Control Unit) dalam mengatur suplai bensin. Jika sensornya rusak maka data yang disalurkan pun dapat mengganggu perhitungan ECU. Hal ini mengakibatkan pasokan bensin menjadi tidak tepat dan hambatan kinerja mobil saat beroperasi pada RPM rendah.

Sistem Bahan Bakar Mengandung Gelembung Udara

Mobil yang ngadat juga kemungkinan disebabkan oleh sistem bahan bakar yang mengandung gelembung udara. Adanya gelembung udara di dalam tangki bensin dapat mengakibatkan ketidakstabilan tekanan di dalam sistem. Aliran bahan bakar menjadi tidak stabil sehingga membuat mobil terasa tersendat saat RPM rendah.

Demikianlah beberapa penyebab mobil ngadat saat RPM rendah yang perlu dipahami oleh pemilik mobil. Untuk menghindari masalah tersebut, pastikan Anda melakukan perawatan atau servis mobil secara berkala. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.