9 Penyebab Bau Bensin di Kabin Mobil
Ilustrasi kabin mobil. (wikimedia commons)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Di beberapa kondisi, bau bensin bisa masuk ke kabin mobil. Kondisi tersebut patut dihindari mengingat bau bensin di kabin akan mengganggu pernapasan penumpang. Ada berbagai penyebab bau bensin di kabin mobil yang harus diketahui agar pemilik kendaraan bisa mengantisipasi sekaligus melakukan perbaikan.

Penyebab Bau Bensin di Kabin Mobil

Bau bensin yang bisa masuk ke mobil umumnya disebabkan karena ada komponen yang mengalami kerusakan. Selain itu usia mobil dan komponen yang ada pada mesin juga bisa jadi penyebab lain. Beberapa penyebab aroma bensin tercium di kabin mobil adalah sebagai berikut.

  1. Tutup Tangki Kurang Rapat

Meski tutup tangki berada di belakang, aroma bensin bisa tercium dari seat paling belakang hingga depan. Kurang rapatnya tutup tangki kerap muncul setelah pengisian BBM dilakukan. Disarankan untuk memastikan tutup tangki tertutup rapat dan sempurna agar tak terjadi kendala lain.

  1. Tutup Oli Harus Diganti

Jangan remehkan tutup oli. Pasalnya, tutup oli yang telah termakan usia atau mengalami masalah lain berpotensi jadi penyebab bau bensin masuk ke kabin. Untuk memastikan, bukalah kap mesin lalu cek tutup oli dan area sekitarnya. Tidak selalu rusak, tutup oli yang kotor juga bisa jadi penyebabnya. Jika o-ring bermasalah, asap knalpot akan bau bensin dan bisa masuk ke kabin lewat saluran AC.

  1. Tangki Bensin Rembes atau Bocor

Bocornya tangki bensin harus segera diatasi karena akan menimbulkan berbagai masalah lain. Selain bahan bakar jadi terbuang, aroma BBM juga dapat tercium sampai ke kabin. Kebocoran sendiri kadang tersamar karena tersamar dengan oli kering yang bercampur debu.

  1. Karburator Bocor

Karburator mobil berfungsi sebagai komponen yang mengatur rasio udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran mesin. Karburator jadi jalur masuk BBM sehingga saat bocor akan memicu masalah lain, salah satunya adalah masuknya aroma BBM ke kabin.

  1. Masalah pada Busi

Busi mobil berfungsi untuk mengantar tenaga dari ruang pembakaran. Komponen ini juga rawan rusak sehingga harus rutin diganti. Cincin pengunci busi yang bermasalah akan membuat asap beraroma bensin masuk ke kabin lewat ventilasi.

  1. Selang Bensin Kurang Rapat atau Bocor

Fungsi selang bensin adalah menyalurkan BBM ke karburator. Selang bensin sangat mungkin mengalami kelonggaran atau kebocoran, terutama disebabkan faktor usia. Saat itu terjadi, BBM akan menetes dan aromanya bisa masuk ke dalam kabin.

  1. Masalah pada Fuel Pump

Masalah pada fuel pump biasanya dialami oleh mobil injeksi. Fuel pump mobil berfungsi untuk memompa BBM dari tangki bensin ke mesin. Jika komponen ini bocor, bau bensin akan tercium dari kabin.

  1. Masalah Pada Sistem EVAP

Emisi Evaporatif atau sistem kontrol EVAP biasanya ada di mobil terbaru. Fungsi EVAP mobil adalah menangkap uap bensin. Ketika katup pembersih tabung buka, asap dikirim lagi ke mesin. Kelemahannya adalah aroma bahan bakar jadi masuk ke dalam kabin. Hal ini bisa terjadi karena keretakan tabung arang atau karena korsleting di katup sirkuit.

  1. Tambahan Zat Aditif

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang menambahkan zat aditif ke dalam tangki mobil dengan tujuan hemat atau agar lebih ramah lingkungan. Penambahan zat yang kurang tepat akan membuat pembakaran BBM tidak maksimal hingga asap dari knalpot beraroma bensin. Aroma ini kemudian masuk ke dalam kabin.

Itulah beberapa penyebab bau bensin di kabin mobil. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.