Bagikan:

JAKARTA - Badan independen Insurance Institute for Highway Driving (IIHS) baru saja mengeluarkan hasil uji tabrak pada SUV mewah keluaran tahun 2023 dan 2024 berukuran sedang yang diklaim menawarkan perlindungan baik untuk penumpang kursi belakang, yaitu Lincoln Aviator 2024, Mercedes GLE-Class 2024, Volvo XC60 2023, Audi Q5 2023, Cadillac XT6 2023, Acura MDX 2023, BMW X3 2023, dan Lexus RX 2023.

Selain pada penumpang kursi depan, IIHS juga ingin memperhatikan keselamatan pada penumpang belakang. Mereka menilai bahwa fokus keselamatan pada kursi belakang masih dianggap sebelah mata atau tertinggal.

Lembaga tersebut menguji kedelapan kendaraan SUV dalam segmen premium dengan lima di antaranya meraih predikat ‘Acceptable’ atau ‘Baik’, yang merupakan penilaian terbaik dalam pengujian tersebut.

“Hal ini menggembirakan karena lebih dari separuh SUV mewah menengah tahun 2024 yang kami uji berkinerja baik dalam uji tabrak depan tumpang tindih sedang yang diperbarui,” kata President IIHS, David Harkey, dikutip dari carscoops, Rabu, 20 Desember.

Model seperti Acura MDX dan BMW X3 meraih penilaian ‘Acceptable’ dalam pengujian tersebut. IIHS menilai bahwa pengukuran cedera pada keduanya berada dalam batas dapat diterima, walaupun model penumpang pada model MDX akan tergelincir di bawah sabuk pangkuan, sementara posisi penumpang X3 mendekati kursi depan.

Kemudian, model yang meraih penilaian ‘Baik’ ialah Volvo XC60, Mercedes GLE, dan Lincoln Aviator. Volvo kembali membuktikan kendaraannya, seperti XC60, memiliki ketangguhan di atas rata-rata dengan memperoleh nilai lebih baik dari yang lainnya.

Kemudian, Mercedes GLE-Class memiliki risiko tinggi mengalami cedera leher setelah melakukan pengujian. Sedangkan, boneka pada Lincoln Aviator berada di posisi dekat dengan kursi depan.

7

Ketiga mobil lainnya, seperti Audi Q5, Lexus RX, dan Cadillac XT6, memperoleh hasil yang tidak baik. Untuk Q5 dan RX nyaris tidak mendapat penilaian ‘Marginal’, di mana penumpang dapat terperosok ke bawah sabuk pangkuan, sehingga dapat meningkatkan risiko cedera kepala dan leher.

Meskipun demikian, hasil yang didapat keduanya masih lebih baik daripada Cadillac XT6 yang memperoleh predikat ‘Buruk’ dalam uji tabrak tersebut. Ini disebabkan karena boneka penumpang terperosok di bawah ikat pinggang, sehingga menunjukkan risikonya cedera kepada dan leher sedang. Kemudian, ini juga dapat menimbulkan risiko tinggi cedera pada dada.