Bagikan:

JAKARTA – Mobil listrik Xpeng G6 berhasil meraih peringkat tertinggi, yakni bintang lima, dalam uji keselamatan Euro NCAP (New Car Assessment Program), salah satu lembaga penilaian keselamatan kendaraan independen paling bergengsi di Eropa.

Dilansir dari Autogear, Jumat, 13 September, SUV Coupe G6 ini menjadi model global ketiga dari Xpeng yang berhasil meraih bintang lima, setelah sebelumnya Xpeng G9 juga mencatatkan hasil serupa.

Dalam uji benturan frontal, Xpeng G6 mendapat penilaian 88 persen untuk kategori penumpang dewasa, menunjukkan performa keselamatan yang sangat baik. Uji benturan samping dan belakang juga menghasilkan skor tinggi, khususnya bagi penumpang di bagian depan.

Selain itu, Xpeng G6 meraih skor 85 persen untuk perlindungan penumpang anak, dengan hasil memuaskan dalam uji benturan frontal dan lateral. Meski demikian, dalam kategori fitur keselamatan anak, mobil ini hanya memperoleh enam dari 12 poin karena kurangnya sistem penahan anak yang lebih lengkap.

Dalam hal bantuan keselamatan, Xpeng G6 mendapatkan skor 75 persen, dengan peringkat 'cukup' untuk fitur bantuan kecepatan dan pemantauan status penumpang.

Pada kategori keselamatan pengguna jalan, mobil ini meraih skor 0,3 dari maksimal 1 poin, namun mencetak nilai tinggi untuk fitur AEB (Autonomous Emergency Braking) untuk pengendara motor serta Lane Support.

Keberhasilan Xpeng G6 dalam uji Euro NCAP ini didukung oleh sasis yang kuat dan terintegrasi baik di bagian depan maupun belakang, meningkatkan kekakuan kendaraan hingga 83 persen dibandingkan model lain. Struktur ini membantu meningkatkan perlindungan benturan sekaligus memperbaiki manajemen bobot kendaraan, memberikan performa dan keselamatan yang lebih baik.