Cara Cek BPKB Asli Atau Tidak Sebelum Beli Mobil atau Motor Bekas
Ilustrasi STNK dan BPKB (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebelum melakukan transaksi pembayaran pembelian mobil atau motor bekas, pembeli disarankan untuk melakukan pengecekan keaslian buku pemilik kendaraan bermotor (BPK). Cara cek BPKB asli atau tidak bisa dilakukan secara cepat dan mudah, sehingga pembeli terhindar dari penipuan dan atau hal yang tak diinginkan lainnya.

Cara Cek BPKB Asli Atau Tidak

Pengecekan keaslian BPKB kendaraan baik mobil atau motor wajib dilakukan oleh pembeli. Pasalnya, saat ini ada banyak cara untuk memalsukan BPKB. Salah satu cara  mengetahui BPKB kendaraan asli atau palsu adalah dengan melihat fisik BPKB. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memeriksa BPKB.

  1. Sampul Glossy

Ciri-ciri BPKB asli adalah sampulnya yang glossy atau halus nan mengkilap. Untuk memastikannya disarankan untuk melihat sampul di bawah paparan sinar matahari atau lampu. Sebaliknya, jika sampul dof atau tidak mampu memantulkan sinar berarti ada indikasi BPKB palsu.

  1. Bahan Cover Warna Gelap, Tidak Buram

Dikutip dari akun Facebook Divisi Humas Polri, warna sampul BPKB cenderung gelap namun tidak buram. Berbeda dengan BPKB palsu yang cenderung buram. Ada beberapa kemungkinan mengapa warna sampul BPKB palsu cenderung buram yakni pada sisi mesin cetak. Pencetakan BPKB asli menggunakan mesin cetak profesional, sedangkan BPKB palsu kemungkinan menggunakan mesin fotocopy.

  1. Hologram Halaman Depan Warna Abu-abu

Di BPKB terdapat hologram berwarna abu-abu. Versi asli, hologram tersebut tidak berubah warna meski diterawang. Sedangkan pada BPKB palsu berubah jadi kuning ketika diterawang.

  1. Tak Ada Bekas Cetakan Ulang atau Dihapus

Periksa halaman yang mencantumkan identitas pemilik kendaraan. Pada BPKB palsu biasanya terdapat bekas cetak ulang atau bekas tulisan yang dihapus kemudian ditimpa dengan tulisan baru. Biasanya oknum pembuat BPKB palsu hanya akan mengubah data kendaraan saja, tanpa mengubah data pemilik aslinya.

  1. Cek Lambang Korlantas

Anda bisa melakukan pengecekan di halaman 14. Di halaman tersebut jika disinari dengan cahaya ultraviolet akan nampak lambang Korlantas. Sedangkan pada BPKB palsu lambang tersebut tidak ada. Selain itu saat diraba lambang tersebut akan terasa timbul sehingga terasa di kulit.

  1. Cek Nomor Seri

Di bawah hologram terdapat nomor seri yang menandakan keaslian BPKB. Nomor tersebut berupa kode yang menandakan asal BPKB diterbitkan. Pengecekan nomor seri sendiri bisa dilakukan ke kantor kepolisian daerah terdekat, atau bisa dilakukan secara online.

Selain melakukan pengecekan fisik BPKB, Anda bisa memanfaatkan aplikasi e-Samsat yang bisa diunduh di Playstore. Berikut ini langkah pengecekan BPKB secara online.

  • Setelah terunduh, buka aplikasi tersebut
  • Masukkan data yang diperlukan mulai dari data diri dan data kendaraan yang tertera di BPKB
  • Jika asli, maka akan muncul besar pajak kendaraan yang harus dibayar

Perlu diketahui bahwa saat ini berencana menerbitkan BPKB elektronik. Salah satu keunggulan BPKB elektronik adalah meminimalisir tindak kejahatan, termasuk pemalsuan.

Itulah informasi terkait cara cek BPKB asli atau tidak. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.