Ambisi Honda di Pasar Sepeda Motor Listrik, Target Penjualan 4 Juta Unit di 2030
SC e: Concept. (Dok. Honda)

Bagikan:

JAKARTA- Honda Motor Co., Ltd, meningkatkan target penjualan tahunan global sepeda motor listrik pada tahun 2030 menjadi 4 juta unit, naik 500.000 unit dari yang diumumkan pada bulan September lalu, dan menegaskan mempercepat upaya mempopulerkan sepeda motor listrik.

Dikutip dari laman resmi Honda, Jumat, 1 Desember, tahun ini Honda memulai penjualan tiga model EB (Sepeda Listrik) baru, termasuk Honda Cub e di Tiongkok, dan EM1e skuter listrik di Jepang dan Eropa. Hal tersebut diungkapkan oleh Katsushi Inoue, Senior Managing Executive Officer dan Chief Officer yang bertanggung jawab atas Operasi Pengembangan Bisnis Elektrifikasi, dan Daiki Mihara, dalam konferensi pers mengenai inisiatif bisnis sepeda motor listrik.

Selain itu, Honda akan memperkenalkan model baru secara global pada tahun 2024, berdasarkan SC e: Concept, yang baru-baru ini dipamerkan di Japan Mobility Show 2023, yang akan diikuti dengan pengenalan global model “berorientasi FUN” dan model listrik plug-in.

Sementara itu pada tahun 2025 Honda akan memperkenalkan model listrik dalam berbagai kategori seperti super sport, telanjang, offroad, sepeda anak-anak, dan ATV, mempercepat inisiatifnya untuk membangun jajaran lengkap model listrik, dengan mengambil pendekatan proaktif untuk memperkenalkan total lebih dari 30 model listrik pada tahun 2030.

Dalam bisnis sepeda motor listrik, Honda akan meningkatkan kenyamanan pelanggan dengan menawarkan penjualan online yang memungkinkan pelanggan membeli sepeda motor tanpa harus pergi ke dealer secara langsung, sekaligus memberikan ketenangan pikiran kepada pelanggan melalui layanan yang disediakan oleh jaringan penjualan global Honda yang sudah ada lebih dari 30.000 lokasi diler.

Selain itu, sebagai inisiatif baru Honda akan mendirikan “Pusat Pengalaman” di kota-kota besar di India, ASEAN, dan negara-negara lain, di mana pelanggan dapat merasakan nilai yang ingin ditawarkan Honda melalui sepeda motor listriknya. Dengan menggabungkan kekuatan dealer yang ada dan peningkatan layanan online, Honda akan menawarkan kenyamanan dan ketenangan pikiran bagi pelanggan.

Pabrikan asal Jepang yang melakukan peningkatan target ini, akan menginvestasikan 500 miliar yen (3,3 miliar dolar AS) pada 2030 untuk meluncurkan model-model terbaru.

Tampaknya dengan ambisi ini Honda tak mau ketinggalan dengan merek lain, terutama China yang kini menjadi basis utama kendaraan listrik baik motor maupun mobil.