Bagikan:

JAKARTA - Tak hanya Hyundai yang meraih penghargaan 'Car of the Year' dari Top Gear Awards 2023 melalui Ioniq 5 N, tapi anak perusahaannya melalui Kia EV9 yang debut awal 2023 juga meraih penghargaan dari Top gear ‘Family Car of the Year' 2023.

Ini menjadi penghargaan perdana bagi SUV listrik tujuh kursi tersebut. Dalam penghargaan ini, Kia EV9 berhasil membuat para juri terkesan berkat teknologi ramah lingkungan yang dikombinasikan dengan ruang yang lega serta fitur canggih di dalamnya. Juri dalam penghargaan ini terdiri dari editor dan wartawan Top Gear.

7

Ollie Kew, selaku Deputy Editor Top Gear, mengatakan pihaknya menilai mobil tersebut memiliki ketangguhan yang berbeda, namun memiliki kenyamanan yang berbeda di kelasnya sehingga cocok untuk dikemudikan baik dalam jarak pendek maupun jauh.

“Ini adalah salah satu mobil paling menarik di tahun 2023 bukan karena kemampuannya, tetapi karena apa yang diwakilinya. Menjadi kembaran menjadi ramah lingkungan dan kelas atas tidaklah mudah, namun EV9 melakukannya dengan penuh gaya,” kata Kew, dalam laman Kia, Kamis, 30 November.

Dengan hasil ini, EV9 akan tampil dalam edisi terbaru Majalah BBC Top Gear, sebuah edisi yang didedikasikan untuk mobil terbaik dan paling diinginkan di dunia.

Secara keseluruhan, SUV listrik ini memiliki bentuk yang khas dengan garis tegas. Tampilannya yang mengesankan diperkuat oleh sepatbor berbentuk segitiga dan lengkungan roda yang menonjol yang terintegrasi dengan tubuh mobil.

6

Lampu depan EV9 juga menarik perhatian dengan inovasi "Star Map LED daytime running lights (DRL)" yang menghasilkan pola pencahayaan yang beragam. Di bagian belakang, mobil ini memiliki lampu ekor yang ramping dan menarik perhatian.

SUV berbaris tiga ini dilengkapi dengan kluster instrumen 12,3 inci, layar sentuh kontrol iklim 5,3 inci, serta layar sentuh sistem navigasi 12,3 inci yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto di bagian interiornya.

Fitur menarik lainnya dalam Kia EV9 meliputi pengisian gawai nirkabel, setir kemudi berpemanas, enam port USB-C, dan sistem AC dual-zone di bagian depan dan belakang yang tergantung di atap.

Dalam upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan pengemudi, Kia menyediakan berbagai fitur, seperti Smart Cruise Control, Blind-Spot Collision Avoidance Assist (BCCA) dengan Rear-Cross Traffic Assist (RCTA), pandangan monitor 360 derajat, dan sembilan airbag yang tersebar di kabin tiga baris.

Dibangun di atas platform E-GMP, mobil ini dihadirkan dengan kapasitas baterai hingga 99,8 kWh yang memungkinkan kendaraan mampu berjalan hingga 495 km dalam sekali pengisian daya.

SUV ini juga memiliki kemampuan Vehicle to Load (V2L) dan Vehicle to Vehicle (V2V), yang memungkinkan mobil untuk berfungsi seperti generator listrik, mampu menyuplai energi ke rumah dan kebutuhan lainnya.

Perjalanan elektrifikasi Kia tidak hanya sampai disitu. Perusahaan asal Korea Selatan ini berencana menawarkan 15 model EV pada 2027 mendatang. Beberapa waktu lalu, mereka telah meluncurkan EV3, EV4, dan EV5, yang membuktikan bahwa pabrikan ini memiliki komitmen tinggi terhadap segmen ini.