Honda EM1 e Siap Meluncur di Jepang pada Bulan Agustus, Indonesia Menyusul
Honda EM1 e. (Dok. Honda Global)

Bagikan:

JAKARTA - Seiring berjalannya waktu, permintaan kendaraan listrik semakin tinggi. Ini yang memicu perlombaan pabrikan baik roda dua maupun roda empat meluncurkan produknya dengan kemampuan yang mengesankan.

Pabrikan kendaraan asal Jepang, Honda, menyadari hal ini. Tidak hanya untuk roda empat, melainkan juga roda dua. Oleh karena itu, Honda meluncurkan EM1 e:, sebagai sepeda motor listrik pertama yang pernah dibuat oleh pabrikan.

Tidak hanya itu, Honda juga memiliki rencana untuk memperluas penjualannya ke pasar Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Namun, bagi para pelanggan yang berminat sepertinya harus bersabar.

Dilansir dari Nikkei Asia, Rabu, 26 Juli, Honda akan melakukan tahap awal penjualan motor listrik ini di negaranya, Jepang, pada akhir Agustus 2023. Ini yang membuat konsumen Indonesia menunggu dalam beberapa bulan ke depan.

Pada pasar Jepang sendiri, Honda EM1 e: dijual dengan harga 300.000 yen atau dirupiahkan menjadi Rp32 jutaan. Harga yang standar untuk ukuran sepeda motor listrik di luar negeri.

Sama seperti divisi kendaraan roda empat, Honda juga memiliki rencana strategis dalam menghadirkan sepeda motor listrik terbaru dalam beberapa tahun mendatang.

Untuk 2030, Honda merencanakan merilis setidaknya 7 model motor listrik terbaru dengan target penjualan mencapai 1 juta unit untuk pasar global, 30 persen di antaranya berasal dari pasar Indonesia.

Honda EM1 e: memiliki kemampuan yang unik, yakni memiliki unit baterai yang dapat ditukar dengan Honda Mobile Power Pack e: yang menjadi tenaga dasar kendaraan ini.

Diperkenalkan pada 2022 lalu, EM1 e: memiliki kapasitas baterai 1,3 kWh dan memiliki daya jangkau 53 km dalam sekali pengisian dayanya. Memiliki motor listrik bertenaga 1,6 dk hingga 2,1 dk, motor ini mampu melaju hingga kecepatan maksimal 40 km/jam.

Sebelumnya, EM1 e: telah dipamerkan pada pergelaran IIMS 2023 awal tahun ini sebagai motor listrik pertama Honda yang akan dijual di Indonesia.