Apa Itu Body Repair Mobil: Berikut Penjelasan Serta Prediksi Harganya
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi pengguna mobil tentunya kalian tidak boleh asing dengan istilah-istilah yang lazim seperti halnya “Body Repair”. Nah, kira-kira apa itu body repair mobil?

Pasalnya, istilah body repair ini ditujukan untuk upaya membuat mobil kita menjadi bagus dan mulus Kembali. Contohnya, akibat mengalami gesekan dengan kendaraan lain, kecelakaan, dan insiden lain yang mengakibatkan mobil tergores bahkan rusak akibat pemakaian sehari-hari.

Tentunya bila mobil kita lecet atau penyok bakal membuat sebal karena body mobil kita sudah tak mulus lagi seperti pas pertama kali membeli. Apalagi ya kalau kerusakannya juga malah bisa berimbas pada fungsi komponen mobil, seumpamanya mobil kita rusak pada bagian kapa tau pintu mobil sehingga kesulitan untuk membuka dan menutupnya, wah ini sih harus segera diatasi!

Oleh karena itu, berikut merupakan ulasan komplit dari body repair;

Apa Itu Body Repair Mobil

Body repair merupakan perbaikan pada bodi mobil dengan lakukan penggantian panel ataupun perbaikan yang lain dengan tata cara tertentu. Selaku contoh, bila kerusakan pada mobil terkategori ringan ataupun sedang, mungkin prosedur yang digunakan merupakan washer welder, palu on-off doly ataupun shrinking.

Sedangkan buat perbaikan berat, terdapat prosedur yang dinamakan CO2 mig ataupun mag welding. Tata cara ini digunakan buat menyambung ataupun mengubah panel. Jadi, perbaikan mobil tidak cuma menerapkan cat ulang ataupun coating supaya mobil tampak kinclong, namun juga mengembalikan peranan komponen.

Fungsi Body Repair

Seperti yang telah disinggung di atas, body repair merupakan upaya untuk mengembalikan tampilan bodi mobil agar kembali bagus. reparasi bodi mobil dapat mengembalikan warna mobil yang telah kusam ataupun baret sebab serempetan ataupun tabrakan. Tidak hanya pengecatan, bakal diberi proteksi anti karat serta anti jamur pula.

Tidak hanya pengecatan saja kok, biasanya mobil yang penyok akan dapat diperbaiki di bengkel body repair terdekat. Kadang ketika kerusakan pada panel mobil menyebabkan komponen susah dibuka ataupun ditutup, semacam kerusakan pada panel pintu mobil, kap mobil, ataupun pintu belakang. Proses perbaikan ini bakal dibersihkan ataupun diampelas terlebih dahulu, setelah itu didempul, sehabis itu dicat ulang. Terakhir, mobil bakal dilakukan pemolesan merata supaya mengkilap.

Biaya Body Repair Mobil

Harga body repair pastinya bermacam-macam dan tidak sama, hal itu tergantung dari bengkel yang mengatasi serta juga apakah perbaikan terkategori ringan ataupun berat. Memilih bengkel body repair terdekat pula tidak dapat sembarangan. Bila salah memilih bengkel, bisa jadi mobil menjadi belang ataupun cat mobil tidak kece, jadi menyesal nantinya deh!

Pasalnya, ada beberapa tipe bengkel tempat kalian dapat melaksanakan reparasi bodi mobil ini. Kalian dapat memperbaiki body mobil di bengkel umum. Pengeluaran body repair mobil di bengkel umum rata-rata dipatok per panel. Biayanya kisaran Rp350-600 ribuan buat panel kecil. Sedangkan buat panel besar biayanya paling tidak Rp600-800 ribu. Jika kalian ingin melaksanakan perbaikan full body, kalian wajib mempersiapkan dana sekitaran Rp5-8 jutaan.

Harga ini tentunya bakal jauh lebih murah daripada memperbaiki di bengkel resmi yang biasanya memiliki harga Rp700 ribu hingga Rp1,5 juta buat panel kecil. Sedangkan buat panel besar kurang lebih Rp15 jutaan, Waduh!. Tentunya bayaran ini belum terhitung dengan pengelasan serta sebagainya. Namun, pastikan dulu apakah bengkel umum pilihan kalian tepercaya atau tidak.

Bila di bengkel resmi biayanya relatif lebih mahal, maka kalian dapat memperoleh harga yang lebih murah di bengkel cat duco. Harga ini bahkan lebih murah daripada bengkel umum. Bayaran per panel kecil kisaran Rp200-400 ribuan serta buat perbaikan full body biasanya Rp2,5-5 jutaan.

Biasanya, bayaran untuk pengecatan bakal lebih besar dibandingkan dengan reparasinya. Jadi kalau ingin membetulkan doang tanpa harus mengecatnya ya biayanya murah. Tapi masak iya sih kalian memperbaiki body doang tanpa pengecatan? Nanti kelihatan belang dong?

Waspada bila ditawari harga body repair murah, Kalian mesti cek kembali perlengkapan serta bahan yang digunakan supaya kalian tidak menyesal nantinya. Perhatikan pula teknisi yang melakukan perbaikan. Kemampuan teknisi pasti mempengaruhi terhadap hasil perbaikan mobil kita.

Jadi setelah mengetahui apa itu body repair mobil, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!