Capaian Monumental Toyota, Produksi Kendaraan Global Tembus 300 Juta Unit
Toyota GR Corolla. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota Motor Corporation, perusahaan otomotif terbesar di dunia yang sudah berdiri sejak 1935, mencatat pencapaian monumental dengan mencapai total produksi global sebanyak 300 juta unit hingga September 2023.

Pabrikan asal Jepang ini mengungkapkan bahwa dari jumlah tersebut, 180,52 juta unit kendaraan diproduksi di dalam negeri, Korea Selatan. Sementara itu, 119,6 juta unit merupakan hasil produksi di luar negeri.

Data tersebut juga menyoroti bahwa model Corolla menjadi andalan Toyota dengan jumlah produksi tertinggi, mencapai 53,5 juta unit sejak diperkenalkan pada tahun 1966, yang secara signifikan membantu kesuksesan Toyota.

Chairman Toyota, Akio Toyoda, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras berbagai pihak, termasuk pemasok, diler, pemangku kepentingan, dan teknisi, yang bersama-sama berkomitmen untuk menghasilkan mobil berkualitas terbaik.

"Para pendiri perusahaan telah melalui berbagai upaya, termasuk percobaan dan kegagalan berulang kali dalam mengembangkan prototipe mobil. Semua usaha ini menjadi dasar keberhasilan Toyota saat ini. Toyota telah menghadapi banyak tantangan sepanjang sejarahnya, dan pelanggan yang mencintai mobil Toyota telah menjadi penyelamat utama dalam perjalanan kami," ujar Toyoda dalam pernyataan resmi perusahaan, Senin, 6 November.

Presiden Toyota, Koji Sato, juga mengungkapkan pandangannya sejalan dengan pernyataan Toyoda. Ia menyebut bahwa capaian ini merupakan hasil kolaborasi yang tangguh, melalui melewati sejumlah rintangan seperti gempa bumi, kebakaran, pandemi COVID-19, dan permasalahan pasokan chip yang memengaruhi jalannya produksi.

"Setiap kali menghadapi kesulitan dalam produksi mobil, semua pihak bekerja sama untuk mengatasi dan mengadaptasi situasi tersebut," ucap Sato.