Yamaha Hadirkan Tenere Explore 2024 untuk Pasar Eropa
Yamaha Tenere Explore 2024. (Dok. Yamaha Europe)

Bagikan:

JAKARTA - Yamaha memperkuat model Tenere dengan menghadirkan versi Explore untuk tahun 2024 mendatang yang dirancang khusus untuk perjalanan adventure jarak jauh dengan tambahan aksesibilitas dan kenyamanan.

Dikutip dari laman Rideapart, Selasa, 7 November, terdapat perbedaan untuk model Explore ini dengan model lainnya, di mana hadir dengan tinggi tempat duduk 860 mm, artinya lebih rendah dari versi yang lain untuk membantu kontrol kendaraan saat kecepatan rendah.

Lebih detailnya terdapat beberapa perbedaan termasuk dari suspensi yang ditawarkan. Untuk model Tenere 700 Explore 2024 dilengkapi dengan suspensi KYB 43 mm dengan jarak tempuh ke bagian roda 190 mm, lebih pendek 20 mm dibandingkan versi sebelumnya.

7

Sementara itu pada bagian belakang juga dilengkapi suspensi KYB dengan jarak travel 180 mm, lebih pendek 20 mm. Meski lebih pendek, Yamaha mengeklaim tetap menawarkan kenyamanan dan karakteristik pengendalian yang kuat bahkan saat dibebani banyak perlengkapan.

Selain itu pada bagian windshield Tenere 700 Explore lebih tinggi dan lebar dari versi standar, memberikan area permukaan 50 persen lebih besar untuk meningkatkan kenyamanan berkendara selama kondisi cuaca buruk.

Dengan side case stay yang dipasang sebagai perlengkapan standar, pelanggan dapat memilih untuk memuat bagasi keras atau lunak aksesori asli dari Yamaha.

Menyoal mesinnya, sama seperti model lainnya yakni CP2 kembar paralel 689 cc berpendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 72,4 hp pada 9.000 rpm dan torsi 68 Nm pada 6.500 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan girboks enam percepatan yang, dilengkapi quickshifter dari pabrik.

Meskipun belum ada rincian harga dan ketersediaan di pasar Eropa, Yamaha menegaskan bahwa model ini akan segera tersedia bagi pecinta petualangan yang menginginkan pengalaman berkendara yang istimewa.