Yamaha Hadirkan XRS900 GP untuk Pasar Eropa dan Inggis
Yamaha XSR900 GP. (Dok. Yamaha Europe)

Bagikan:

JAKARTA - Yamaha Motor Europe secara resmi meluncurkan GP XSR900 2024 di pasar Eropa dan Inggris pada tanggal 24 Oktober.

Keberadaan motor ini memberikan semangat baru bagi penggemar sepeda motor, karena menampilkan gaya ikonik yang merupakan warisan balap sejak tahun 1980, seperti yang dikutip dari laman Rideapart, Rabu, 25 Oktober.

Dari segi spesifikasi, Yamaha XSR900 GP 2024 didukung oleh mesin tiga silinder 890cc berpendingin cairan milik Team Blue. Motor ini memiliki ukuran bore dan stroke sebesar 78mm dengan rasio kompresi 11,5 banding satu.

Yamaha mencatat tenaga maksimum sebesar 87,5 kilowatt (sekitar 117,3 hp) pada 10.000 rpm, serta torsi sebesar 93 Nm pada 7.000 rpm. Motor ini dilengkapi dengan gearbox enam kecepatan, assist dan slipper clutch, dan quick shifter yang merupakan generasi ketiga dari Yamaha.

Mengenai suspensi, XSR900 GP 2024 dilengkapi dengan pengaturan KYB yang dapat disetel sepenuhnya baik di bagian depan maupun belakang. Sistem suspensi tipe link belakang KYB juga dapat disetel sepenuhnya. Sistem pengereman terdiri dari kaliper ganda untuk bagian depan dan kaliper tunggal untuk bagian belakang, serta menggunakan roda aluminium spin forged Yamaha berukuran 17 inci yang dilapisi dengan ban Bridgestone Battlax Hypersport S23.

5

Salah satu hal yang paling menarik dari Yamaha XSR900 GP 2024 tentu saja adalah desain bodywork-nya. Fairing depan, punuk kursi, dan terutama desain penutup kursi penumpang di sisi pelat terinspirasi dari pembalap YZR Grand Prix.

Terkait dengan fitur, motor ini dilengkapi dengan layar TFT penuh warna baru berukuran lima inci, bersama dengan konektivitas ponsel cerdas, dan berbagai fitur lainnya.

Yamaha XSR900 GP 2024 hadir dengan tiga mode berkendara yaitu Sport, Street, dan Rain, serta mode Custom yang dapat disesuaikan secara manual sesuai dengan kebutuhan pengendara. Mengenai harga, Yamaha Europe belum mengumumkannya.