Bagikan:

JAKARTA - Honda menarik kembali (recall) Civic model tahun 2022-2024 karena ditemukan masalah pada steering rack (penghubung setir dan kaki mobil), yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada ban hingga suspensi.

Dikutip dari laman Carscoops, Jumat, 27 Oktober, produsen mobil tersebut pertama kali menyadari masalah ini pada bulan Juli, setelah pemasoknya, Hitachi Astemo Americas, Inc., memperingatkan perusahaan terkait kemungkinan adanya cacat produksi.

Laporan tersebut juga tersedia di situs web Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA).

Pada bulan September, Honda menyelidiki masalah ini dan menyimpulkan bahwa masalah ini mungkin berdampak pada keselamatan pengguna hingga penumpang. Atau bisa saja roda depan dapat berputar terlalu banyak hingga dapat menyebabkan kerusakan beberapa komponen. Termasuk ban, jika komponen tersebut rusak atau bocor tentu dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Menyikapi masalah tersebut, Honda akan mulai menghubungi pemilik Civic tiga pintu dan empat pintu yang terkena dampak pada 4 Desember, dan bisa langsung membawa kendaraannya ke diler terdekat atau saat pembelian pertama.

Nantinya, mobil tersebut akan diperiksa pada bagian yang bermasalah, ketika ditemukan adanya masalah akan diganti, agar tak membahayakan para pengguna.