Bagikan:

JAKARTA - Jika ada wilayah yang membuat wilayah lain di dunia iri dalam kemajuan dunia elektrifikasi maka itu adalah California, negara bagian Amerika Serikat bagian barat.

California telah menjadi pionir dalam pengembangan infrastruktur kendaraan listrik dan hidrogen. Negara bagian ini memiliki tujuan untuk menjadi 100% bebas emisi pada tahun 2045, dan infrastruktur kendaraan listrik dan hidrogen adalah bagian penting dari strategi ini.

Saat ini, ada lebih dari 1,6 juta kendaraan bertenaga baterai terdaftar di California dan 25 persen dari semua mobil baru yang terdaftar pada kuartal pertama adalah kendaraan listrik.

Untuk mendukung permintaan yang terus berkembang terhadap kendaraan listrik, negara bagian ini menyetujui rencana investasi sebesar 2,9 miliar dolar AS tahun lalu, sebagian besar akan digunakan untuk meningkatkan infrastruktur pengisian daya.

"Kami melihat produsen mobil benar-benar meningkatkan penyediaan kendaraan, dan sekarang yang perlu kita lakukan adalah memastikan ada infrastruktur pengisian tersedia untuk memenuhi kebutuhan tersebut," kata Patty Monahan dari California Energy Commission, seperti yang dikutip oleh NBC Bay Area, 25 September.

Dari data US Department of Energy (DOE) Alternative Fuels Data Center, California memiliki jaringan stasiun pengisian kendaraan listrik (EVSE) yang luas. Pada tahun 2023, negara bagian ini memiliki lebih dari 100.000 EVSE, termasuk stasiun pengisian cepat dan stasiun pengisian umum.

California juga memiliki jaringan stasiun pengisian hidrogen yang berkembang pesat. Pada tahun 2023, negara bagian ini memiliki lebih dari 50 stasiun pengisian hidrogen, dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun mendatang.

Terbaru, California dilaporkan telah mencapai tujuannya untuk menginstal 10.000 pengisi daya cepat kendaraan listrik (EV) hampir dua tahun lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan, dan merayakan pencapaian tersebut di lokasi EVgo terbaru di Union City.

Sebagian besar pengisi daya cepat telah dipasang oleh Tesla, dengan 6.029 port dari total 10.122 port merupakan Supercharger, menurut US Department of Energy (DOE) Alternative Fuels Data Center, dikutip dari InsideEvs, 28 September.

Diketahui, pada tahun 2018 mantan Gubernur Jerry Brown menetapkan rencana untuk menginstal 250.000 pengisi daya EV di seluruh California, termasuk 10.000 pengisi daya cepat pada tahun 2025.

Sejak itu, jumlah pengisi daya cepat umum dan swasta yang dipasang di gedung bisnis atau apartemen) hampir empat kali lipat, dari sekitar 2.600 menjadi sedikit lebih dari 10.000, dibantu oleh pendanaan negara.

Meskipun demikian, California masih perlu mengejar untuk mencapai total tujuannya yaitu 250.000 pengisi daya (termasuk pengisi daya AC), mengingat saat ini hanya memiliki kurang dari separuh dari tujuannya yang diusulkan, dan hanya sekitar 41.000 di antaranya sepenuhnya tersedia untuk umum.

Laporan dari California Energy Commission menunjukkan bahwa negara bagian tersebut akan membutuhkan lebih dari satu juta pengisi daya umum dan swasta bersama pada tahun 2030 untuk mendukung peningkatan tajam dalam registrasi EV, yang diperkirakan akan mencapai tujuh juta kendaraan pada akhir dekade ini.