LG Electronics Resmi Buka Pabrik Pengisi Daya Kendaraan Listrik di Texas, AS
Pabrik pertama LG di Amerika Serikat. (Dok. LG Electronics Korea)

Bagikan:

JAKARTA - LG Electronics, perusahaan asal Korea Selatan, secara resmi membuka pabrik pertamanya di Amerika Serikat yang khusus didedikasikan untuk produksi pengisi daya kendaraan listrik (EV).

Pabrik ini terletak di Fort Worth, Texas, dan menandai langkah signifikan dalam mendukung pertumbuhan infrastruktur pengisian daya EV di Amerika.

Sebagai inovator global, LG Electronics berkomitmen untuk menjadi bagian dari masa depan dengan merakit stasiun pengisian kendaraan listrik.

"Bisnis pengisi daya kendaraan listrik adalah mesin pertumbuhan masa depan LG, mendukung transformasi perusahaan menjadi perusahaan solusi cerdas,” kata Presiden LG Alec Jang, dikutip dalam rilis resminya, Selasa, 16 Januari

Pabrik ini direncanakan memiliki kapasitas produksi tahunan lebih dari 10.000 unit, dengan rencana untuk melebihi target tersebut seiring berjalannya waktu. Selain itu, pabrik akan menggunakan 100 persen energi ramah lingkungan, menunjukkan komitmen LG terhadap keberlanjutan.

Saat ini, pabrik telah berhasil merakit pengisi daya AC Level 2 dengan output hingga 11kW dan konektor J1772. Pada kuartal kedua, LG akan memulai produksi pengisi daya DC Level 3 pertamanya, dilengkapi dengan layar sentuh LCD luar ruangan yang besar dan konektor CCS1 dan NACS untuk pengisian cepat hingga 175kW. LG juga merencanakan peluncuran pengisi daya ultra-cepat 350kW pada tahun 2024.

Walikota Fort Worth, Mattie Parker, memberikan apresiasi terhadap peran LG dan menekankan pentingnya pabrik baru ini bagi kota. Ia menyebutnya sebagai hari yang luar biasa untuk Fort Worth, dengan pemimpin global seperti LG memilih untuk mendirikan basis manufaktur di AS untuk pengisi daya kendaraan listrik dan menciptakan lapangan kerja baru.