VOOK E-Trike, Sepeda Listrik Beroda Tiga yang Memiliki Jangkauan hingga 177 Km
VOOK e-trike. (Dok. VOOK)

Bagikan:

JAKARTA - Sepeda listrik saat ini tengah menjadi incaran berbagai kalangan sebagai komoditas yang sangat dicari. Keberadaan sepeda listrik memberikan kemudahan dan efisiensi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Tak hanya sepeda listrik beroda dua yang diminati, tetapi varian dengan tiga roda juga mendapatkan perhatian. Perusahaan start-up sepeda bernama VOOK, yang berbasis di Middletown, AS, telah merilis sepeda listrik tiga roda dengan kinerja yang andal.

2

Dilansir dari Carscoops, Selasa, 1 Agustus, sepeda listrik ini dikenal dengan sebutan VOOK e-trike. Kental nuansa desain klasik, sepeda listrik ini dilengkapi dengan sepasang motor listrik sebagai sumber tenaga.

Rangka sepeda ini terbuat dari aluminium 6061 dan memiliki tiga ban tahan bocor, serta didukung oleh sistem pengereman cakram hidrolik yang efektif.

Selain rangka yang kuat, sepeda ini juga menyuguhkan material berkualitas lainnya, seperti jok yang terbuat dari fiberglass dengan ruang penyimpanan baterai dan kompartemen di bagian belakang yang dapat menampung barang kecil.

VOOK e-trike memiliki bobot ringan sekitar 120 kg. Meskipun tanpa suspensi, VOOK memastikan bahwa roda depan dan posisi duduk dirancang untuk memberikan kenyamanan saat berkendara.

3

Seperti halnya sepeda motor umumnya, sepeda listrik ini dilengkapi dengan layar LCD tahan air, serta dua kamera yang membantu pengendara dalam hal penglihatan dan pencahayaan.

VOOK e-trike ditawarkan dengan dua pilihan baterai, yaitu 30Ah atau 50Ah. Masing-masing baterai mampu memberikan jangkauan hingga 128 km dan 177 km dalam sekali pengisian daya, menjadikannya salah satu sepeda listrik tiga roda dengan jarak tempuh terjauh. Waktu pengisian daya baterai juga cukup singkat, hanya 2,5 jam dengan charger yang sesuai.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan berkendara, sepeda tiga roda ini dilengkapi dengan empat mode berkendara: Safe dengan kecepatan hingga 16 km/jam, Eco dengan 24 km/jam, Sport dengan 32 km/jam, dan mode Boost/Extreme dengan kecepatan puncak 64 km/jam.

VOOK e-trike ditawarkan dengan harga kompetitif di dalam segmen ini. Mulai dari 2.300 dolar AS (sekitar Rp34,9 juta) untuk baterai 30Ah, dan 2.500 dolar AS (sekitar Rp37,9 juta) untuk baterai 50Ah.