Bagikan:

JAKARTA - Lima pabrikan mobil yang menjual modelnya di Korea Selatan baru-baru ini melakukan program recall untuk mengatasi masalah pada beberapa kendaraan mereka. Hyundai Motor Co., BMW Korea, Mercedes-Benz Korea, Volkswagen Group Korea, dan Stellantis Korea merupakan pabrikan yang terlibat dalam recall ini. Total jumlah kendaraan yang terdampak mencapai 92.088 unit.

Menurut laporan dari Yonhap pada Rabu, 5 Juli, masalah yang muncul melibatkan beberapa model kendaraan. Misalnya, BMW 520i Luxury mengalami masalah pada perangkat lunak instrumen panel, VW ID.4 memiliki masalah pada perangkat lunak sistem kemudi, dan Hyundai Palisade mengalami masalah pada sistem pengereman.

Salah satu kendaraan yang terlibat dalam recall adalah mobil sedan listrik VW ID.4. Pada akhir Juni, model ini juga menghadapi masalah perangkat lunak yang mempengaruhi sistem infotainmen di Amerika Serikat.

SUV besar Hyundai, yaitu Palisade, kembali menjadi salah satu model yang terkena dampak. Sebelumnya, Hyundai Palisade juga mengalami recall karena masalah pada sistem penghapus kaca di Amerika Serikat.

Recall massal bukan kali ini saja terjadi di Korea Selatan. Pada akhir Juni lalu, lebih dari 320.000 kendaraan harus ditarik dari peredaran, melibatkan tujuh pabrikan dengan 22 model yang terkena dampak. Pada saat itu, beberapa mobil mewah juga terlibat dalam recall tersebut.

Beberapa di antaranya adalah sedan G80 dari brand mewah Hyundai Motor Group, Genesis, yang mengalami masalah pada sistem sabuk pengaman. Selain itu, sedan Mercedes-Benz S580 4Matic mengalami masalah pada perangkat lunak kontrol elektronik stabilitas. Ferrari 296 GTB juga terkena dampak recall karena masalah pada pipa penghubung tangki bahan bakar.